forex trading logo

Home Data Pilah Pendidikan Dinas Pendidikan
PDF Cetak Surel

INDIKATOR MUTU DAN RELEVANSI PENDIDIKAN

 

Indikator mutu dan relevansi pendidikan dapat dilihat dengan mengikuti alur input-proses-output. Masukan (input) dalam komposisi tertentu yang diproses dengan metode tertentu akan membuahkan dua macam hasil, yaitu hasil jangka pendek (output) dan hasil jangka panjang (outcome).

Indikator input pendidikan:
Input pendidikan terdiri atas kurikulum, siswa/peserta didik, guru/tenaga pendidik, sarana-prasarana, dana, dan masukan lain.

Proses pendidikan meliputi seluruh proses pembelajaran yang terjadi sebagai bentuk interaksi dari berbagai input pendidikan.

Hasil pendidikan (output) mencakup antara lain kemampuan peserta didik, yang dapat diukur melalui prestasi belajar siswa.

Outcome pendidikan antara lain peningkatan mutu lulusan, yang dapat dilihat antara lain melalui jumlah lulusan yang melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya dan jumlah lulusan yang dapat bekerja. Dengan demikian, mutu input dan mutu proses merupakan faktor penentu mutu hasil, baik yang berupa hasil jangka pendek maupun hasil jangka panjang.

Beberapa faktor yang berkenaan dengan input pendidikan dapat dikelompokkan kedalam faktor rumah atau keluarga, faktor sekolah, dan faktor siswa. Diantara ketiganya, sekolah merupakan komponen input yang paling erat hubungannya dengan kebijakan pendidikan.

Berbagai hasil penelitian menemukan bahwa faktor sekolah yang paling dominan pada pendidikan dasar adalah guru/tenaga pendidik dan buku. Pada jenjang pendidikan yang lebih rendah, kemampuan guru/tenaga pendidik dalam mengajar dan menuntun siswa belajar, sangat menentukan keberhasilan pencapaian materi yang diajarkan. Semakin tinggi jenjang pendidikan semakin rendah dominasi peran guru/tenaga pendidik, karena siswa semakin mampu memahami materi yang tertulis dalam buku.

Terkait dengan kinerja pendidikan berwawasan gender, indikator yang digunakan dapat dipilih dari aspek-aspek tersebut diatas yang dapat membedakan antara kinerja penduduk laki-laki dan perempuan baik yang dicapai oleh peserta didik maupun pendidik atau tenaga kependidikan lainnya.

Beberapa indikator yang dapat digunakan antara lain:

  1. Indikator masukan/input pendidikan, mencakup: 
    • Tingkat ketersediaan/penguasaan/kepemilikan buku teks;
    • Persentase ilustrasi yang menggambarkan contoh aktivitas yang dilakukan laki-laki dan perempuan;
    • Proporsi guru yang layak dan sesuai.
  2. Indikator proses pendidikan, terkait dengan proses belajar mengajar di kelas termasuk bagaimana guru/tenaga pendidik  memperlakukan siswa laki-laki dan perempuan.
  3. Indikator hasil jangka pendek (output) pendidikan, mencakup:
    • Tingkat prestasi akademik siswa, termasuk hasil ujian akhir sekolah, ujian akhir nasional;
    • Persentase kelulusan.
  4. Indikator hasil jangka panjang (outcome) pendidikan, mencakup:
    • Jobseeking period (rata-rata lama mencari kerja);
    • Persentase lulusan yang bekerja.

     

PENGERTIANKEMBALI

 

Kalender

September 2014
S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4



Diperkuat dengan LPPM UNS. Copyright @ 2012.