Pengolahan Terintegral Limbah Industri Pati Aren dan Limbah Pertanian Potensial menjadi Bahan Bakar Kiln Dry Guna Meningkatkan Produktivitas Sentra Industri Pati Aren.

Kata Kunci : limbah pati aren, limbah pertanian, komposisi, karakteristik   pembakaran, co-combustion.

Rosariastuti, MMA. Retno; Himawanto, Dwi Aries; Supriyadi; Anam, Chiorul*)
Fakultas Pertanian UNS, Penelitian, Dikti, Hibah Bersaing, 2007.

Penelitian ini dilakukan untuk mencari pengaruh variasi komposisi limbah industri pati aren-limbah pertanian terhadap karakteristik pembakaran campuran tersebut secara co-combustion.
Penelitian diawali dengan pengumpulan bahan baku yang dilanjutkan dengan proses persiapan bahan baku yang meliputi penyeragaman ukuran dan pencampuran. Setelah campuran siap , dilanjutkan dengan pengujian karakteristik pembakaran dalam sebuah tungku elektrik. Variasi komposisi yang diteliti adalah 0 %, 10 %, 20 %, 30 %, 40 %, 50 %, 60 %, 70 %, 80 %, 90 % dan 100 % limbah pati aren dalam campuran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa limbah pati aren merupakan sumber energi yang potensial untuk diolah lebih lanjut karena memiliki nilai kalor yang lebih tinggi daripada limbah pertanian , yaitu sebesar 3827,13 kal/gram, dan juga memiliki kandungan logam berat yang relatif kecil jika dibandingkan dengan limbah pertanian yan diteliti. Sementara itu, pengaruh variasi komposisi terkait erat dengan Air-Fuel Ratio yang  digunakan, artinya variasi komposisi dan ukuran mesh akan memberikan hasil yang optimal bila Air-Fuel Ratio yang digunakan (dalam hal ini kecepatan udara) tepat, bila tidak (kecepatan udara terlalu rendah atau terlalu tinggi) justru akan memperburuk karakteristik pembakaran yang terjadi.