FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN WARALABA DI INDONESIA

Kata Kunci: waralaba, faktor ekonomi, faktor produk, Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Moch Najib Imanullah, Preasetyo Hadi Purwandoko, Emmy Latifah*)
LPPM UNS, Penelitian, DP2M, Fundamental, 2009.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi, menguji, dan menentukan hubungan antara Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sebagai obyek waralaba, dan waralaba sebagai metode pemasaran Hak Kekayaan Intelektual(HKI), untuk menyusun sebuah teori baru bahwa waralaba merupakan sebuah model yang efektif untuk memasarkan Hak Kekayaan intelektual (HKI).
Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti melakukan penelitian kuantitatif, dan mempergunakan data sekunder pertumbuhan waralaba di Indonesia. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan regresi, dan untuk melakukan test hypothesis menggunakan Anova,.Hasil regrasi dan anova menunjukkan bahwa faktor ekonomi dalam hal ini produk (Hak Kekayaan Intelektual/HKI termasuk di dalamnya), distribusi/tempat, modal, dan promosi memberikan kontribusi yang sangat signifikan terhadap peningkatan pertumbuhan waralaba di Indonesia. Sementara itu, Hak Kekayaan Intelektual (HKI) menjadi faktor penting bagi keberhasilan waralaba. Hal ini dikarenakan hukum di Indonesia telah melindungi Hak Kekayaan Intelektua(HKI) dengan baik. Di samping itu, waralaba lebih efektif untuk menjual Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dibandingkan metode penjualan yang lain seperti ekspor, keagenan, dan lisensi. Hal ini dikarenakan waralaba menawarkan sebuah konsep bisnis yang unik untuk menjual sebuah produk.
Rekomendasi penelitian ini adalah Pemerintah Indonesia segera mengatur kegiatan bisnis waralaba dalam sebuah Undang-undang Waralaba yang sinkron dan harmonis dengan peraturan perundang-undangan Hak Kekayaan Intelektual(HKI).