LUARAN LAIN-140-Dr. Ir. JAKA SUYANA M.Si.-2013

BUKTI LUARAN 140

NIDN0012086413
NamaDr. Ir. JAKA SUYANA M.Si.
Program StudiAgroteknologi
StatusPenerapan
JudulIbM Kelompok Tani Ngudi Luhur dan Kelompok Tani Mete Kencana Dalam Penerapan Teknologi Konservasi “Hedgerow” Pada Usahatani Lahan Kering Di Wonogiri
JenisTeknologi Tepat Guna
DeskripsiPermasalahan yang dihadapi petani lahan kering di wilayah hulu DAS adalah degradasi lahan yang disebabkan erosi. Teknologi konservasi “hedgerows” merupakan suatu praktek usahatani dengan memadukan tindakan konservasi secara sipil teknis/mekanik dan vegetatif. Sistem usahatani konservasi dengan teknologi “hederows” merupakan kombinasi antara tanaman penguat teras, tanaman penutup tanah, mulsa sisa tanaman, tanaman semusim, dan tanaman tahunan. Tanaman semusim dan tanaman tahunan merupakan tanaman yang biasa diusahakan petani setempat. Kegiatan IbM ini dilakukan pada Kelompok Tani Ngudi Luhur dan Kelompok Tani Mete Kencana di Kabupaten Wonogiri dengan metode riset aksi/kaji tindak, berupa: kegiatan penyuluhan dan FGD, serta pembuatan demplot percontohan di lahan petani. Kegiatan IbM ini meliputi : (1) Pemberian benih tanaman koro merah, koro kapsul dan jali pada petan; (2) Introduksi tanaman koro merah pada sistem usahatani lahan kering di lokasi program IbM dengan produksi lebih rendah (120-160 kg/ha) dari daerah asalnya Kabupaten Temanggung (210-235 kg/ha); (3) Pembuatan demplot beberapa tipe teknologi konservasi “hedgerows”, meliputi : (a) Tipe A : teras tradisional, dengan pola tanam petani setempat; (b) Tipe B : teras tradisional + tanaman jali sebagai penguat teras + mulsa batang jagung dosis 7 ton/ha, dengan pola tanam petani setempat; (c) Tipe C : teras tradisional + tanaman jali sebagai penguat teras + mulsa batang jagung dosis 7 ton/ha, dengan pola tanam petani setempat + koro merah. Hasil kegiatan sosialisasi tersebut telah berhasil menyadarkan petani untuk ikut berpartisipasi dalam penerapan teknologi konservasi “hedgerows” dalam usahataninya, dengan beberapa tipe meliputi : (a) Tipe A (tanaman koro merah pada teras tradisional + strip tanaman jali pada bibir teras), (b) Tipe B (tanaman kacang tanah pada teras tradisional + strip tanaman jali pada bibir teras), dan (c) Tipe C (tanaman padi gogo pada teras tradisional + strip tanaman jali pada bibir teras).
Tahun2013
FileSudah diunggah
Tentang

Merupakan aplikasi berbasis website untuk mengelola capaian luaran penelitian di lingkungan Universitas Sebelas Maret.

Aplikasi ini nantinya akan disingkronisasikan dengan database www.simlitabmas.dikti.go.id/kinerja dengan harapan UNS tetap menjadi Universitas dengan kelas Mandiri.

Twitter feed

Universitas Sebelas Maret
http://t.co/lppm
about 1 hour ago

LPPM UNS
http://t.co/lppm
about 7 hours ago

Kinerja Penelitian Dikti
http://t.co/lppm
about 9 hours ago

Kontak Kami

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami No.36 A Surakarta
Email: lppm@uns.ac.id


Follow us