LUARAN LAIN-151-SLAMET WIDODO S.Pd., M.Or.-2016

BUKTI LUARAN 151

NIDN0028127102
NamaSLAMET WIDODO S.Pd., M.Or.
Program StudiPendidikan Kepelatihan Olahraga
StatusDraft
JudulPENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SECARA BERKELOMPOK (MODEL OF GROUP LEARNING) PADA OLAHRAGA ATLETIK UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
JenisModel
DeskripsiPenelitian pengembangan model pembelajaran atletik secara berkelompok ini dilakukan dengan metode penelitian pengembangan (Reseach and Development). Pada penelitian ini akan disusun model pembelajaran secara berkelompok (model of group learning) pada olahraga atletik untuk siswa Sekolah Dasar. Model pembelajaran secara berkelompok (model of group learning) pada olahraga atletik yang dihasilkan dapat digunakan sebagai bahan acuan guru pendidikan jasmani dalam memberikan pembelajaran atletik di Sekolah Dasar. Pada hakekatnya, secara umum olahraga atletik adalah olahraga individual. Oleh karena itulah pembelajaran olahraga atletik di sekolah umumnya dilakukan dengan pendekatan individual. Pembelajaran atletik yang dilakukan secara individual dapat menyebabkan olahraga atletik menjadi kurang menarik dan membosankan. Selain itu, pembelajaran secara individual menyembabkan kemampuan interaksi sosial dan kerjasama kurang berkembang. Pola dan model pembelajaran olahraga atletik perlu dirubah, agar olahraga atletik menjadi lebih menarik, serta peran olahraga atletik dalam menunjang pembentukan sumber daya manusia seutuhnya lebih maksimal. Pembelajaran olahraga atletik secara berkelompok merupakan model pembelajaran alternatif yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan peran atletik dalam pendidikan jasmani. Pembelajaran olahraga atletik secara berkelompok merupakan model pembelajaran atletik dengan konsepsi baru yang dirancang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan bagi anak-anak. Dalam pembelajaran atletik, siswa dapat melakukan berbagai gerakan dasar atletik seperti berjalan, berlari melempar dan melompat secara berkawan dan berkelompok. Model pembelajaran atletik secara berkelompok dikembangkan dalam rangka untuk menjadikan atletik sebagai suatu aktivitas menarik bagi anak-anak. Model pembelajaran atletik secara berkelompok perlu disusun dan dikembangkan agar dapat digunakan sebagai acuan guru pendidikan jasmani. Penelitian pengembangan model pembelajaran atletik secara berkelompok ini dilakukan dengan metode penelitian pengembangan (Reseach and Development). Pada penelitian ini akan disusun model pembelajaran secara berkelompok (model of group learning) pada olahraga atletik untuk siswa Sekolah Dasar. Produk penelitian akan disusun dalam bentuk buku panduan pembelajaran atletik untuk siswa sekolah dasar menggunakan model pembelejaran secara berkelompok (model of group learning). Buku panduan pembelajaran yang dihasilkan dapat digunakan sebagai bahan acuan guru pendidikan jasmani dalam memberikan pembelajaran atletik di Sekolah Dasar. Selain guru penjas SD, pengguna potensial hasil penelitian ini antara lain pelatih anak-anak usia dini, guru penjas SMP dan juga guru penjas SMA/SMK.
Tahun2016
FileSudah diunggah
Tentang

Merupakan aplikasi berbasis website untuk mengelola capaian luaran penelitian di lingkungan Universitas Sebelas Maret.

Aplikasi ini nantinya akan disingkronisasikan dengan database www.simlitabmas.dikti.go.id/kinerja dengan harapan UNS tetap menjadi Universitas dengan kelas Mandiri.

Twitter feed

Universitas Sebelas Maret
http://t.co/lppm
about 1 hour ago

LPPM UNS
http://t.co/lppm
about 7 hours ago

Kinerja Penelitian Dikti
http://t.co/lppm
about 9 hours ago

Kontak Kami

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami No.36 A Surakarta
Email: lppm@uns.ac.id


Follow us