• Cougar

    LPPM UNS

    Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

  • Lions

    LPPM UNS

    Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

  • Snowalker

    LPPM UNS

    Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

  • Howling

    LPPM UNS

    Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

  • Sunbathing

    LPPM UNS

    Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pengembangan Wawasan dan Keterampilan Wirausaha Mahasiswa Melalui Kegiatan Magang di Rumah Potong Ayam (RPA) Modern Royan Chicken Yogyakarta.

Kata kunci : Rumah Potong Ayam (RPA), Magang Kewirausahaan (MKU)

Riyanto, Joko; Widyaswati, Susi Dwi*)
Fakultas Pertanian UNS, Pengabdian, Dikti, Magang Kewirausahaan, 2007.

Konsumen daging membutuhkan daging Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH) dari Rumah Potong Ayam (RPA). Akibat kemajuan teknologi, peningkatan taraf pendidikan dan pendapatan maka pola konsumen daging berubah yaitu cenderung membeli daging ayam dari ready to cook  menjadi ready to eat. Pemilihan RPA Royan Chicken Yogyakarta sebagai tempat magang mempunyai pertimbangan kapasitas 2.000-3.000 karkas per hari, masuk kategori industri prosesing karkas skala menengah atas dan klasifikasi B, mempunyai NKV 11-347104-B, sertifikat Halal dari MUI dan Lembaga Konsumen Muslim Indonesia, akreditasi dari Dirjen Peternakan sebagai RPU klasifikasi B, sertifikat HACCP (Hazzard Analysis Criticl Control Point) dari Mc Donald Nasional dan Internasional, Sahwali Award 1996 dari Pusat Informasi dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Produk RPA Royan Chicken Yogyakarta sebagai suplai utama karkas ayam broiler untuk perusahaan waralaba Mc Donald, Texas Yogyakarta, Californian Fried Chicken, Hero Supermarket, restoran Wendys, Kindys, Hotel dan catering Gedung Agung Yogyakarta. RPA Royan Chicken Yogyakarta merupakan RPA modern karena menerapkan pengetahuan dan teknologi prosesing ayam broiler yang modern dan skala usaha besar. Manajemen produksi dan pemasaran sudah berorientasi pada perkembangan IPTEKS
Sebanyak 75 orang mahasiswa Fakultas Pertanian berbagai jurusan telah mengikuti Kuliah Umum dengan tema Pengembangan wawasan dan keterampilan wirausaha mahasiswa melalui kegiatan magang di rumah potong ayam (RPA) modern oleh nara sumber General Manajer (Drs. H. Joko Saryanto, MM) 29 Agustus 2007 di Aula Fakultas Pertanian UNS. Diwawancara 20 orang peserta (37,5%) yang telah mengikuti Kuliah Umum sebagai calon peserta magang. sebanyak 6 orang peserta yang layak dan memenuhi syarat sebagai peserta magang dengan komposisi 4 orang jurusan Peternakan dan 2 orang jurusan PKP. Telah dilaksanakan magang di RPA Modern Royan Chicken Processing di Yogyakarta selama 7 hari dengan hasil seluruh peserta dinyatakan lulus. Telah diselesaikan laporan akhir kegiatan magang di Royan Chicken Processing yang dibuat oleh semua peserta dan disahkan dosen pembimbing Telah dibuat rencana usaha pendirian rumah potong ayam kapasitas 100 ekor perhari dengan fasilitas sederhana dan 500 ekor perhari dengan fasilitas semi-modern masing dikerjakan oleh 3 orang peserta. Telah ditetapkan bahwa dari 6 peserta (100%) magang kesemuanya dinyatakan lulus dan layakan mendapatkan sertifikat Magang. Telah diselesaikan laporan akhir MKU dari tim MKU dilampiri laporan akhir pelaksanaan MKU dan rencana usaha pendirian RPA.

Kami Mendengarkan Anda