Model Bimbingan Perencanaan Karir Untuk Mahasiswa UNS Melalui Kolaborasi Konselor dan Dosen dalam Mewujudkan Teaching University dengan Pendekatan Multikultural.

Kata kunci: karir, teaching university, purposive cluster sampling.

Fadhilah, Siti S.*)
Fakultas KIP UNS, Penelitian, Dikti, Hibah Bersaing, 2006.

Penelitian pada tahun pertama ini bertujuan untuk mengembangkan model bimbingan perencanaan karir untuk mahasiswa melalui kolaborasi konselor dan dosen mewujudkan teaching university dengan pendekatan multikultural.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and development), dengan dua rancangan, yaitu: survai, dan evaluatif. Survai dilakukan sebagai penelitian pendahuluan untuk mengetahui kondisi pendukung yang terkait dengan penelitian atau produk model yang akan dikembangkan. Penelitian evaluatif, digunakan dalam uji ahli dan praktisi terhadap pengembangan produk.
Populasi yang digunakan sebagai subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS), yang terdiri dari sembilan fakultas (Hukum, Ekonomi, ISIP, Sastra, KIP, MIPA, Pertanian, Kedokteran, dan Teknik). Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 sampai 8 Progdi PKh di Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP, Biologi, FMIPA, dan Sastra Indonesia, F. Sastra. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah purposive cluster sampling. Jumlah sampel 125 orang mahasiswa. Teknik pengumpul data menggunakan wawancara, kuesioner, dan tes kecerdasan (IQ), dan data dianalisis dengan persentase dan deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penilaian para ahli yang juga sebagai praktisi menyatakan bahwa model bimbingan perencanaan karir untuk mahasiswa ini layak digunakan. Artinya model yang dikembangkan telah memenuhi aspek validitas isi, bahasa dan tata tulis, baik pedoman yang digunakan oleh konselor dan dosen dalam memberikan bimbingan kepada mahasiswa, maupun bahan atau materi yang digunakan konselor dalam memberikan bimbingan kepada mahasiswa.