Kata kunci: Model Pembelajaran, berfikir keruangan, belajar siswa aktif, SIG.

Sugiyanto; Subandriyo, Joko; Yusuf, Yasin*)
Fakultas KIP UNS, Penelitian, Dikti, Fundamental, 2006.

Kemampuan berfikir keruangan sangat sulit dilakukan siswa tanpa media peta yang tepat dan interaktif. Untuk mengembangkan berfikir keruangan yang merupakan konsep inti pelajaran geografi akan dapat terbantu penggunaan SIG, karena software SIG mampu membuat peta tematik dalam waktu singkat dengan sajian yang menarik.
Tujuan penelitian ini adalah ingin memperoleh model pembelajaran geografi yang efektif yang dapat mempermudah siswa dalam mempelajari analisis keruangan/kewilayahan dengan pendekatan belajar siswa aktif.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksploratif dan metode eksperimen. Metode eksploratif digunakan untuk mengembangan model pembelajaran berbasis SIG. Metode eksperimen digunakan untuk menguji efektifitas model pembelajaran geografi berbasis SIG tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest kelompok kontrol dua tahapan kerja dalam penelitian ini yaitu: tahap ke-1 mendesain model pembelajaran berbasis SIG, dan tahap ke-2 menguji efektifitas model pembelajaran yang dikembangkan.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 3 SMAN III Solo. Sampel diambil secara acak sederhana. Variabel penelitian ini adalah kemampuan analisis keruangan siswa dalam belajar geografi dan keaktifan siswa dalam belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: analisis dokumen, tes, hasil tugas siswa, observasi, dan angket. Analisis dilakukan secara kuantititatif maupun kualitatif
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Model pembelajaran geografi dengan menggunakan SIG cukup efektif memahami analisis keruangan, dari sampel menunjukkan siswa/kelas yang diajar MP geografi dengan SIG rata-rata nilainya lebih tinggi dibandingkan kelas yang tidak diajarkan geografi tanpa media SIG, 2) pembelajaran geografi dengan SIG mampu mengaktifkan siswa dan memberikan kepuasan siswa dalam pembelajaran, 3) tersusunnya software SIG terapan untuk pembelajaran geografi berserta manualnya, 4) diperolehnya rancangan pembelajara yang efektik untuk pembelajaran geografi dengan SIG, 5) diperolehnya beberapa modul pembelajaran Geografi dengan SIG.