Pengembangan Model Pembelajaran Penstimulasian Multiple Intelligences Siswa untuk Pencapaian Standard Kompetensi Belajar Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi di Sekolah Dasar.

Kata kunci: pembelajaran, multiple intelligences.

Legowo, Edy; A, Chadijah II.; Syamsuri, H.A.*)
Fakultas KIP UNS, Penelitian, Dikti, Hibah Bersaing, 2006.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Pembelajaran Penstimulasian Multiple Intelligences (MP2-MI) di Sekolah Dasar (SD). Selanjutnya dengan menerapkan MP2MI di SD diharapkan dapat meningkatan prestasi belajar dan kecintaan belajar Matematika dan IPA (MIPA) siswa Sekolah Dasar, dan peningkatan keterampilan guru SD dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran MIPA. Target khusus penelitian tahun pertama (2006), yaitu dihasilkan: (1) Instrumen Pengukuran Kecenderungan Profil MI (IPKP-MI) siswa SD; (2) Rancangan MP2-MI (sebut: Kurikulum Instruksional Model Pembelajaran Penstimulasian MI siswa (KIMP2-MI) mata pelajaran MIPA SD dan Strategi Evaluasi Hasil Belajar Pendekalan MI (SEKHB-MI) mata pelajaran MIPA; (3) Dihasilkan contoh-contoh KIMP2-MI mata pelajaran MIPA. Pada tahun kedua (2007) dan tahun ketiga (2008) MP2MI yang telah dikembangkan diuji cobakan tingkat keefektifannya dalam lingkup terbatas dan dalam lingkup luas. Secara khusus target yang diharapkan dicapai dalam penelitian tahun kedua dan ketiga adalah: (1) Peningkatan sikap positif guru terhadap potensi dan gaya belajar siswa, (2) Peningkatan keterampilan guru dalam merancang dan mengimplementasikan MP2MI, (3) Peningkatan kompetensi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA dan Matematika; dan (4) Peningkalan kecintaan belajaran siswa pada dua pelajaran tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (K&D). Dalam mengadaptasi instrument IPKP-MI dilakukan uji validitas empiris dengan subjek sasaran guru SD kelas I, II, III, dan IV sebanyak 11 orang dan orang tua siswa kelas I,II, III, dan IV SD sebanyak 450 orang, serta 4 orang judges ahli pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif.
Pada Tahun Pertama, penelitian ini telah menghasilkan (1) Adaptasi instrumen IPKP-MI; (2) Pemetaan kecenderungan profil MI siswa kelas I, II, III, dan IV SD; (3) Pengembangan format MP2-MI, meliputi kegiatan: (a) Peyusunan KIMP2-MI dan SEKHB-MI mata pelajaran MIPA SD; (b) Uji validitas Model KIMP2-MI dan SEKHB-MI oleh judges; dan (c) Uji keterterimaan model oleh guru, serta (d) contoh-contoh hasil pengembangan KIMP2-MI mata pelajaran MIPA SD kelas I, II, III, dan IV.
Keberhasilan dalam pengembangan MP2-MI diharapkan dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang bermakna dalam aplikasi kurikulum berbasis kompetensi khususnya dalam mata pelajaran matematika di SD.