Penggunaan Software SIG Khusus Dan Pendekatan Pembelajaran Aktif Untuk Mempermudah Penguasaan Kompetensi SIG Pada Pembelajaran Geografi Di SMAN 1 Surakarta.

Kata kunci: bahasa komunikatif, matematika.

Sugiyanto; Milangsih, Sri; Suyoto; Lestari,Eny Wiji; Utomowati, Rahning*)
Fakultas KIP UNS, Penelitian, Dikti, Tindakan Kelas, 2006.
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan materi SIG di SMA. Sedangkan tujuan khususnya adalah 1) ingin meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran SIG, 2)meningkatkan semangat belajar siswa, 3) meningkatkan keaftifan belajar siswa
Cara penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalu 4 prosedur ptk yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII- IS2 SMAN 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, penugasan, kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan cara matching.
Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan software SIG khusus pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa, semangat belajar, dan keaktifan dalam pembelajaran, serta ketertarikan untuk belajar geografi.