Peningkatan Profesionalisme dan Kemandirian Mahasiswa Melalui Magang Kewirausahaan di Perusahaan Peternakan Sapi Potong CV. Argo Liman Wonogiri dalam Menghadapi Persaingan Kerja dan Mencetak Calon Wirausaha Baru

Kata kunci: magang kewirausahaan, peternakan, sapi potong.

Chamdi, Achmad Nur; Sihombing, Ginda; Pratitis S.S., Wara*)
Fakultas Pertanian UNS, Pengabdian, Dikti, Magang Kewirausahaan, 2007.

Tujuan kegiatan Magang Kewirausahaan (MKU) ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan penjiwaan kewirausahaan di kalangan mahasiswa, meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi dengan kalangan masyarakat di perusahaan, dan memacu motivasi kewirausahaan mahasiswa untuk menjadi calon wirausaha baru dalam bidang usaha peternakan sapi potong.
Kegiatan Magang Kewirausahaan tersebut telah dilakukan di perusahaan peternakan sapi potong CV. Argo Liman, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri pada tanggal 3 – 24 September 2007. Jumlah peserta magang sebanyak 10 mahasiswa Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian UNS Surakarta. Proses pemagangan tersebut dimulai dari tahapan seleksi, pembekalan, pemagangan, dan penyusunan makalah pengamatan khusus. Hasil magang menunjukkan bahwa pelaksanaan magang tersebut mampu meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa di bidang wirausaha sapi potong, yang ditandai dengan keaktifan mahasiswa mengikuti semua kegiatan yang meliputi aspek pemeliharaan ternak, perkandangan ternak, pakan ternak, penanganan dan pemasaran telur, pemanfaatan limbah peternakan, penanganan kesehatan ternak, dan manajemen personalia dan administrasi, serta tersusunnya makalah pengamatan khusus selama proses pemagangan. Disimpulkan bahwa pelaksanaan Magang Kewirausahaan tersebut tercapai sesuai tujuan dan target yang telah ditetapkan.