Program MKU : Magang Kewirausahaan Berbasis Prinsip Integrated Farming System untuk Mempersiapkan Lulusan Berwirausaha.

Kata kunci :     MKU, integrated farming system, low external input ustainable agriculture (leisa).

Mukhtar, Ashry; Suharto; Supriyadi*)
Fakultas Pertanian UNS, Pengabdian, Dikti, Magang Kewirausahaan, 2007.

Telah dilakukan Program Magang Kewirausahaan dengan judul : “Magang Kewirausahaan Berbasis Prinsip Integrated Farming System untuk Mempersiapkan Lulusan Berwirausaha”. Mitra magang kegiatan ini adalah PT. Lembah Hijau Multifarm (LHM) Surakarta, sebuah perusahaan yang berbasis Integrated Farming System, menggunakan prinsip Low External Input Sustainable Agriculture (LEISA). dengan memadukan jenis usaha pertanian tanaman pangan, hortikultura dan tanaman hias dengan jenis usaha peternakan dan perikanan.
Tujuan program magang ini adalah meningkatkan pengetahuan kewirausaha-an, memacu motivasi dan kemandirian serta tingkat ketrampilan mahasiswa dalam berwirausaha, meningkatkan pengetahuan praktis kewirausahaan dosen pembimbing, dan menciptakan keterkaitan dan kesepadanan antara ilmu pengetahuan di perguruan tinggi dengan Usaha Kecil Menengah (UKM).
Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah meningkatnya motivasi, pengetahuan, kemandirian dan ketrampilan mahasiswa yang antara lain ditunjukkan oleh kemampuan masing-masing peserta menyusun proposal rencana usaha yang bberbasis ilmu pengetahuan.
Dapat disimpulkan bahwa program ini sangat memberikan manfaat bagi mahasiswa, dosen pembing dan mitra magang, sehingga dipandang perlu adanya kelanjutan program Magang Kewirausahaan ini.