Kata kunci : UMK, KHM, KHL, Inflasi

Sutomo; Purwaningsih, Yunastiti*)
Fakultas Ekonomi UNS, Penelitian, Dikti, Fundamental, 2006.

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah menentukan rancangan program manual penghitungan besaran upah minimum kabupaten/kota (UMK) bagi pekerja dengan memperhatikan berbagai pertimbangan, dan disepakati oleh berbagai pihak yang terkait dalam penentuan upah minimum di Subosukawonosraten tahun 2006 – 2008. Penelitian ini diharapkan berguna bagi pekerja, yaitu bahwa besaran upah minimum sebagai hasil perhitungan diharapkan mampu memenuhi taraf hidup pekerja, minimal mampu memenuhi kebutuhan pokok, selanjutnya bagi dewan pengupahan daerah, model ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan kepada para perwakilan pengusaha maupun serikat pekerja dalam menentukan usulan upah minimum kabupaten dan kota tahun 2006 – 2008 yang akan datang.
Penelitian ini mempakan penelitian dasar pembuatan rancangan model penentuan UMK/P. Langkah yang dilakukan adalah (1) mengumpulkan data yang diperlukan, (2) menyusun draft buku pedoman penghitungan UMK, (3) mensimulasikan kepada dewan pengupahan daerah dan mahasiswa, serta (3) menyempurnakan draft buku pedoman dalam bentuk buku pedoman baku. Data yang diperlukan adalah KHM dan KHL yang dikumpulkan dengan metode survei terhadap pedagang di berbagai pasar. Survei dilakukan secara bersama-sama terdiri : para perwakilan pengusaha industri, pekerja dan Komisi Pengupahan Daerah, serta unsur Tri Partite se eks. Subosukawonosraten. Data lainnya adalah inflasi, PDRB, dan jumlah tenaga kerja yang merupakan publikasi Badan Pusat Statistik se Subosukawonosraten. Model yang digunakan adalah metode proyeksi untuk menghitung besaran UMK, proyeksi sesuai dengan rambu-rambu Kepmenaker No.l tahun 1999, Permenaker NO. 17 tahun 2005 dan modifikasi model proyeksi.
Hasil penelitian adalah : telah tersusunnya buku pedoman penghitungan UMP/K, meliputi data, rumus dan simulasinya. Buku pedoman tersebut berisi rancangan model lengkap, meliputi model proyeksi perhitungan besaran upah minimum sesuai Kepmenaker No.I/1999, model proyeksi sesuai dengan Permenaker 17/2005 tentang Komponen dan Pelaksanaan Tahapan Pencapaian Kebutuhan Hidup Layak (KHL), dan modifikasi model proyeksi dengan data dasar perhitungan adalah KHL adalah pada tahun berjalan, atau tahun yang sama dengan tahun besaran penentuan UMK. Hasil penelitian juga dilengkapi dengan hasil perhitungan UMK untuk wilayah Subosukawonosraten, dan data pendukungnya.
Berdasar pada rancangan model yang telah dihasilkan pada penelitian ini, diharapkan dapat diterapkan sebagai pedoman oleh Dewan Pengupahan Daerah/Propinsi, Bupati/Walikota, maupun para mahasiswa dalam mengkaji, menghitung dan mengusulkan besaran UMP/K di berbagai daerah.