Rekayasa dan Manufaktur Komposit Sanwich Serat Cantula Anyaman 3D Termoset Dengan Core Honeycomb Kardus Sebagai Bahan Panel Akustik Komersial.

Kata kunci : Komposit sandwich, face, core

Ariawan, Dody; Raharjo, Wijang Wisnu; Lambang, Lulus*)
Fakultas Teknik UNS, Penelitian, Dikti, Hibah Bersaing Lanjutan, 2007.

Komposit sandwich adalah jenis komposit yang dibuat dengan cara menggabungkan material komposit yang sudah jadi secara berlapis dan ditambahkan core (inti) diantara lapisan material komposit (face) tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi susunan core pada komposit sandwich UPRS-cantula 3D dengan core honeycomb terhadap karakteristik kekuatan bendingnya. Core honeycomb yang akan digunakan disusun secara vertikal gelombang searah (VGS), vertikal gelombang dua arah (VGD), horizontal gelombang searah (HGS), dan horizontal gelombang dua arah (HGD). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa karakteristik mekanik core honeycomb gelombang 2 arah lebih baik dari gelombang searah dan kekuatan bending komposit sandwich UPRS-cantula 3D dari yang tertinggi ke yang terendah dimulai dari yang menggunakan jenis core HGD, HGS, VGD, dan VGS.