Rekayasa Tempat Minum Sistem Drip-Cup Niplle Floor Water Drinking Untuk Meningkatkan Produktivitas Ayam Broiler.

Kata kunci : produktivitas ayam broiler, sistem drip-cup niplle floor water drinking, medikasi ayam broiler.

Widyas, Nuzul; Dewanti, Ratih*)
Fakultas Pertanian UNS, Pengabdian, Dikti, Vucer, 2007.

Air bagi ayam broiler merupakan sumber kehidupan yang sangat menentukan keberhasilan atau kegagalan usaha beternak ayam broiler. Air bagi ayam broiler sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-harinya, sehingga diperlukan ketersediaan air minum yang memenuhi syarat. Penerapan sistem manual telah menimbulkan permasalahan rutin yang merugikan seperti air minum mudah kotor oleh pakan yang masih menempel diparuh, mudah terkontaminasi binatang atau mikroorganisme pengganggu, mudah kemasukan litter, air kececeran dan membasahi litter, online slots ayam minum tidak serempak, membutuhkan tenaga kerja yang banyak, higinitas air minum tidak terjamin sehingga tidak efektif sebagai sarana medikasi (pengobatan, vaksinasi dan pemberian vitamin).
Upaya  yang bisa dilakukan dengan mengubah sistem terbuka menjadi sistem tertutup menggunakan sistem niplle semi automatic digantung diatas litter kandang ayam broiler dan digunakan cup (mangkuk) untuk mencegah air menetes ke litter sehingga litter tetap kering dan kandang sehat. Instalasi air minum ini bisa dinaikkan turunkan menyesuaikan dengan umur dan keadaan ayam secara semiotomatis.
Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah introduksi sistem instalasi air minum pada peternakan ayam broiler dengan menggunakan drip cup nipple floor water drinking atau lebih singkatnya biasa disebut drip cup nipple drinker.
Penggunaan drip cup nipple drinker dapat meningkatkan efisiensi penggunaan tenaga kerja, meningkatkan kebersihan air minum serta sangat menunjang pencegahan penyakit.