Sintesis Resin Kopolimer Turunan Eugenol Divinil Bensena (DVB) Terimpleknasi Sebagai Penukar Kation Selektif Untuk Pemisahan Logam.

Kata kunci : sintesis resin, pertukaran kation, pemisahan logam.

Handayani, Desi Suci; Martini, Tri; Bakar, Abu*)
Fakultas MIPA UNS, Penelitian, Dikti, Hibah Bersaing Lanjutan, 2007.

Semua resin mempunyai gugusan aktif –OH, -COOH, -HSO3- sebagai pusat pertukaran. Polimer eugenol dapat dimanfaatkan sebagai resin penukar kation, karena mempunyai gugus –OH sebagai pusat pertukaran. Selain itu eugenol dapat diubah menjadi turunanya yaitu asam eugenil oksiasetat dimana mempunyai gugus –COOH yang merupakan pusat pertukaran.
Pada tahun I telah disintesis dua bahan resin baru yaitu Kopoli(Eugenol DVB) dan Kopoli(asam eugenil asetat-DVB) yang terimpreknasi 5’kloro-2,4,2’-trihidroksiazobensena.
Pada tahun II dilakukan uji selektivitas dan efektivitas terhadap kedua kopolimer sebagai resin penukar kation. Kopoli(Eugenol DVB) dan Kopoli(asam eugenil oksiasetat-DVB) yang terimpreknasi 5’kloro-2,4,2’-trihidroksiazobensena dapat digunakan sebagai bahan resin penukar kation. Hasil pertukaran kation menunjukkan bahwa Kopoli(Eugenol-DVB) terimpreknasi terjadi pertukaran optimum pada pH 7 dan waktu kontak 10 menit terhadap logam Cu. Sedangkan untuk Kopoli(Asam Eugenil Oksiasetat-DVB) terimpreknasi terjadi pertukaran optimum pada pH 8 dan waktu kontak 20 jam. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Kopoli(Eugenol-DVB) terimpreknasi lebih efektif sebagai bahan penukar kation dibandingkan Kopoli(Asam Eugenil Oksiasetat-DVB) terimpreknasi. Pada system tunggal terjadi pertukaran yang paling besar terhadap ion logam Cu untuk Kopoli(Eugenol-DVB) terimpreknasi dan Kopoli(Asam Eugenil Oksiasetat-DVB) terimpreknasi. Sedangkan untuk logam bersaingan Kopoli(Eugenol-DVB) terimpreknasi terjadi pertukaran kation terbesar dengan ion logam Cr dan untuk Kopoli(Asam Eugenil Oksiasetat-DVB) terimpreknasi dengan ion logam Cu.
Resin Kopoli(Eugenol-DVB) terimpreknasi selektif terhadap Cr dan urutan selektivitas terhadap logam pengganggu dalam pertukaran kation bersaingan adalah Ni>Cu>Co>Cd>Pb>Zn.  Sedangkan resin Kopoli(Asam Eugenil Oksiasetat-DVB) terimpreknasi selektif terhadap Cu, urutan selektivitas terhadap logam pengganggu dalam pertukaran kation bersaingan adalah Cd>Zn.