Model Kecelakaan Lalulintas di Tikungan Karena Pengaruh Konsistensi Alinyemen Horisontal dalam Desain Geometri Jalan Raya

Kata kunci : konsistensi desain geometri,

Florentina Pungky Pramesti, Djoko Sarwono, Agus Sumarsono
LPPM UNS, Penelitian, DP2M, Hibah Bersaing, 2009

Beberapa riset di luar negeri menghasilkan model-model yang menunjukkan ketika konsis-tensi desain geometri diperhatikan maka keselamatan lalu lintas akan meningkat. Peneli-tian ini bertujuan mengidentifikasi ketidakkonsistenan desain alinyemen horisontal pada daerah blackspot di tikungan dan mengembangkan model yang menjelaskan hubungan salah satu aspek konsistensi desain geometri jalan raya yaitu alinyemen horizontal dan kecepatan operasional dengan tingkat kecelakaan lalulintas. Pembentukan model dimak-sudkan lebih sesuai untuk kondisi geometri jalan dan kecepatan operasional kendaraan di Indonesia. Akuisisi data sekunder kecelakaan akan dievaluasi untuk melihat interaksinya dengan kondisi alinyemen horizontal daerah blackspot. Data kecelakaan sebagai variable terikat, Volume lalulintas harian rata-rata; panjang dan radius lengkung sebagai variabel bebas, didapat dari instansi yang berwenang. Sementara itu, karena keterbatasan data sekunder, data panjang dan radius pada beberapa tikungan perlu diukur secara langsung dengan survey geodesi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ketidak konsistenan desain geometri khususnya desain alinyemen horisontal segmen jalan yang ditinjau. Dan dari model yang dihasilkan nampak bahwa tingkat kecelakaan akan turun jika radius tikungan lebih tinggi daripada rata-rata radius tikungan dari segmen jalan tinjauan, dan akan meningkat ketika radius tikungan lebih rendah daripada rata-rata radius tikungan segmen jalan yang ditinjau.