SINTESIS KATALIS HIDRODESULFURISASI BERBASIS ZEOLIT ALAM AKTIF UNTUK REAKSI KONVERSI SUMBER ENERGI ALTERNATIF

Kata kunci : Bahan bakar alternatif, agen pengemban, zeolit alam, hidrocracking, hidrodesulfurisasi

Khoirina Dwi Nugrahaningtyas, Wega Trisunaryati
LPPM UNS, Penelitian, DP2M, Hibah Bersaing, 2009

Penelitian ini bertujuan mensintesis katalis multifungsi untuk reaksi hidrocracking dan hidrodesulfurisasi. Katalis yang diperoleh akan digunakan untuk reaksi konversi katalitik hirokarbon fraksi berat menjadi hidrokarbon fraksi ringan. Sehingga diperoleh bahan bakar alternatif yang fungsional. Selain itu katalis juga dapat digunakan untuk menghilangkan kandungan sulfur dari bahan bakar tersebut.
Pengembanan CoMo pada Al²O³ terbukti memberikan hasil yang baik pada reaksi hydrodesulfurisasi minyak mentah(Kagami dkk, 2003). Dilain pihak, telah diketahui bahwa zeolit alam dengan situs asamnya mempunyai aktivitas yang lebih baik daripada Al²O³. Sehingga penggantian pengemban Al²O³ dengan zeolit alam dapat menghasilkan katalis yang lebih fungsional. Oleh karena itu, riset yang diusulkan bertujuan untuk mensintesis katalis dengan pengemban zeolit alam.
Penelitian ini berdurasi 2 tahun. Tahun pertama dilakukan pengembanan pengembanan logam secara bimetal Co dan Mo. Pengembanan logam dengan metode impregnasi basah dua jenis logam dilakukan secara terpisah dan bersama-sama. Tahun Kedua adalah uji sifat katalitik dengan reaktor sistem alir dan mengaplikasikan katalis pada reaksi hydrocracking dan hydrodesulfurization ban bekas.
Katalis yang diperoleh pada tahap pertama penelitian kemudian dikarakterisasi kristalinitasnya dengan XRD, kemudian kandungan logam dengan AAS serta keasamannya. Berdasarkan analisa terhadap karakter semua katalis diketahui bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara semua tipe katalis. Sehingga pada tahun pertama penelitian ini belum dapat disimpulkan tipe katalis terbaik. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut pada tahun kedua penelitian agar dapat diperoleh tipe katalis yang terbaik.