Pengembangan kendaraan niaga roda tiga dengan aplikasi teknologi “system kemudi dinamis rangka trapez” dan “struktur komposit sandwich GFRP”

Kata kunci: KNRT, rangka trapez, kemudi dinamis.

Santoso
LPPM UNS, Penelitian, KRT, Insentif Percepatan Difusi dan Pemanfaatan IPTEK, 2009

Kendaraan niaga roda tiga (KNRT) cenderung semakin benyak diminati masyarakat, khususnya sebagai alat transportasi angkutan barang. Pilihan ini disebabkan oleh kelebihan KNRT dibanding alat transportasi barang roda empat, seperti ukuran lebih kecil, lebih irit bahan bakar karena ukuran volume silinder yang lebih kecil, pengoperasian dan pemeliharaan lebih mudah, serta harganya lebih murah. Namun demikian, KNRT masih memiliki kekurangan yakni sistem kemudi yang masih kaku sehingga cenderung terlempar keluar aaat berbolok msnikung. Hal ini mernbahayakan keselamatan pengendara dan pengguna jalan lainnya. Guna mengurangi tingkat kecelakaan KNRT, maka perlu dilakuka pengembangan KNRT f-TSpeed Ricksaw dengan mengaplikasikan teknologi sistem kemudi dinamis “Rangka Trapez” yang dapat mengimbangi pengaruh gaya centrifugal pada saat kendaraan berbelok menikung. Pelaksanaan kegiatan DIFUSI dikonsentrasikan pada optimasi rekayasa manufaktur sistem kemudi dinamis “rangka trapez (rangka trapezium)” KNRT. Disain rangka trapez ini diiihami oleh US Paten “Tricycle” No. 5240267 (Owsen, 1993 dan Paten) dan IS Paten “Leaning Vehicle with Centrifugal Force Compensation” No. 490385 (Klopfenstein, 1990). Output disain dalarn kegiatan ini bukan merupakan duplikasi paten yang ada, namun mengembangkan dan melengkapi paten yang ada. Optimasi disain rangka trapez dilakukan dengan analisis teoritis yang dikembangkan oleh Paeejka dan Cossalter’s serta analisis model komputasi (MS-Excell dan Visual Basic). Teknik peredam getaran dilakukan dengan memberikan bushing dan bahan nylon pejal agar dihasilkan kendaruan yang aman dan nyaman. Selanjutnya, output analisis tersebut dibuktikan denoan uji lapangan di jalan bergelombang dan tikungan. Optimasi disain dan pengujian dilakukan di UNS, sedangkan proses rekayasa dilakukan di iridustri mitra. Kegiatan ini didukung oleh inventarisasi peralatan yang sudah ada dan rekayasa pengembangan peralatan baru pendukung standarisasi pembuatan rangka trapez. Peredaman getaran dilakukan dengan memberikan bushing berbahan baku nylon high density pada bagian sambungan Ouput kegiatan adalan pioduk sistem kemudi dinamis “rangka trapez” inovatif. Hasil akhir kegiatan adalah produk baru kendaraan niaga roda tiga sistem kemudi dinamis “rangka trapez” yang merupakan HiSpeed Ricksaw, yang dapat mereduksi tingkat kecelakaan KNRT yang sudah ada. Produk baru ini akan diberi merek dagang “SAKURY” dan telah di desiminisasikan ke masyarakat melalui sosialisasi secara langsung maupun sosialisasi melalui media cetak. Selain dari pada itu, disain rangka trapez tersebut sedang dipatenkan oleh Tim Peneiiti.