Jakarta, Pusat Inovasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PI UMKM) di bawah koordinasi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menganugerahi PI UMKM Award 2010 kepada berbagai UMKM berprestasi. Anugerah diserahkan oleh Kepala BPPT Marzan Azis Iskandar di Jakarta, Rabu (10/11).

Peraih Juara I PI UMKM Award 2010 itu yakni CV Asry Agro Engineering Bandung untuk bidang manufaktur, PD Pusaka Tani Cianjur di bidang agroindustri, dan CV Jamal Handycraft di bidang industri kreatif.

Menurut Ketua Panitia PI-UMKM Award 2010 BPPT Koento H. Baiquni, dari 67 proposal UMKM yang masuk, dipilih 29 proposal UMKM yang memenuhi kriteria yakni dari sisi inovasi, dengan melihat unsur proses produksi, manajemen, pemasaran dan kemasan. Juga dari sisi nilai tambah, meliputi unsur penyerapan tenaga kerja, pendapatan, dan ramah lingkungan, serta dari sisi pasar, baik lokal maupun nasional.

Berbeda dari tahun sebelumnya, PI-UMKM Award 2010 bukan saja diberikan kepada UMKM inovatif, melainkan juga kepada Lembaga Intermediasi (LI) dan pemda yang berkoordinasi dengan BPPT dalam memberi dukungan agar UMKM bisa tumbuh menjadi usaha yang berdampak ekonomi.

Lembaga Intermediasi yang dianugerahi award tersebut yakni PPKWU LPPM Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), karena dinilai memenuhi empat kriteria yakni pembinaan, teknologi inovatif, pemasaran dan anggaran.

Sedangkan pemda yang menjadi pemenang PI-UMKM yakni Pemkab Surakarta, yang dinilai telah memberi perhatian khusus untuk perkembangan UMKM.

(Heri Firmansyah-Ant/HF)

Dikutif dari Pro3 RRI.com