Surakarta, 30 Maret 2012 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat Universitas Sebelas Maret (LPPM UNS) memfasilitasi Kementerian Riset dan Teknologi Deputi Bidang Relevansi dan Produktivitas Iptek melaksanakan sosialisasi program insentif riset sistem inovasi nasional (SiNas) tahun anggaran 2013, bertempat di ruang sidang I LPPM UNS.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bappeda se eks karesidenan Surakarta (Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Klaten dan Karanganyar), ketua LPPM Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta se eks karesidenan Surakarta, koordinator penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tingkat fakultas di UNS, pusat studi dan kajian di lingkungan LPPM UNS serta beberapa peneliti di UNS yang pernah meraih dana penelitian dari Kementerian Riset dan Teknologi.

Program Insentif riset SiNas tahun anggaran 2013 berbeda dengan program insentif ristek tahun sebelumnya. Karena program insentif riset SiNas 2013 lebih menitikberatkan pada upaya penciptaan konsorsium dalam sebuah riset yang terdiri dari pihak industri, peneliti atau inventor dan pemerintah.