KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS III BAGI UKM TENANT INKUBATOR BISNIS PSP-KUMKM

Pusat Studi dan Pendampingan Koperasi dan UMKM LPPM UNS akan menyelenggarakan Bimbingan Teknis III bagi UKM Tenant yang bertempat di Kusuma Sahid Prince Hotel. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari dari tanggal 22 Oktober sampai dengan 25 Oktober 2012. Tujuan dari kegiatan Bimbingan Teknis (bimtek) III ini dititikberatkan pada pengembangan jejaring bisnis. Diharapkan dari kegiatan bimtek III UKM tenant dapat mengembangkan kapasitas bisnisnya melalui pengembangan jejaring bisnis.

Kegiatan bimtek III ini terselenggara atas kerjasama Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Tengah dan Unit Inkubator Bisnis Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM LPPM UNS. Dalam bimtek III diberikan modul pelatihan yang dapat digunakan UKM Tenant dalam mengembangkan jejaring bisnis. Modul pelatihan terdiri dari : Modul 1 Pengantar Business Plan, Modul 2 Akses Pembiayaan (Program CSR), Modul 3 Akses Pembiayaan (Perbankan), Modul 4 Kelembagaan dan Pendirian Koperasi, Modul 5 Akses Pembiayaan (PNM), Modul 6 Manajemen Pameran, Modul 7 Pengembangan Jejaaring Kemitraan, Modul 8 Etika Bisnis, Modul 9 Pengurusan HAKI, Modul 10 Business Plan, Modul 11 Pengembangan Kapasitas Bisnis.

Rangkaian dari bimtek III ini dilaksanakan kegiatan Pameran Produk bersama dengan Inkubator Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Kegiatan pameran bersama ini rencananya akan digelar sebanyak dua kali pada bulan November dengan mengambil lokasi pameran secara bergantian yaitu di Kota Solo dan Semarang. Beberapa produk UKM tenant yang akan digelar dalam pameran bersama ini antara lain produk makanan dan minuman, sarana produksi pertanian, hasil-hasil pertanian organik dan produk-produk industri kreatif.