profdarmouDalam rangka mengakselerasi kualitas penelitian dan publikasi di jurnal internasional serta meningkatkan reputasi UNS di level internasional, Ketua LPPM UNS, Prof. Dr. Ir. Darsono, bersama dengan tim dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS yang diwakili Muhammad Agung Prabowo, PhD (Pembantu Dekan 1), Prof. Dr. Tulus Haryono (Ketua Program Doktor Ilmu Ekonomi), Irwan Trinugroho, PhD (Ketua tim akreditasi internasional) dan beberapa dosen berkunjung ke beberapa universitas di Eropa. Kunjungan yang pertama adalah ke Université de Limoges, Perancis dimana dilakukan penandatanganan MOU antara UNS dengan universitas tersebut. Lingkup dari kesepakatan adalah, 1) pengiriman dosen UNS untuk studi lanjut PhD, 2) pengiriman lulusan S1 fresh graduate UNS atau mahasiswa S2 UNS untuk studi lanjut Master 2, 3) penelitian dan publikasi bersama, 4) pengiriman dosen UNS untuk research training dan pencangkokan, 5) sandwich Program bagi mahasiswa Program Doktor UNS, 6) pertukaran dosen untuk jangka pendek dalam bentuk visiting professor and visiting researcher.

Kunjungan ini juga sekaligus untuk mengantarkan lulusan FEB UNS yaitu Putra Pamungkas yang online casino memperoleh beasiswa Program Master 2 Banking and Finance dari Universite de Limoges. Di samping itu untuk tahun ini UNS juga mengirimkan seorang dosennya yaitu Tastaftiyan Risfandy yang diterima di Program PhD di Universite de Limoges dengan beasiswa dari DIKTI. Hal ini merupakan kelanjutan dari kerjasama dalam penyelenggaraan The 8th Conference on Risk, Banking and Financial Stability antara UNS dengan Limoges. Dalam kesempatan itu Prof. Amine Tarazi menilai, pelaksanaan konferensi Internasional di awal tahun 2014 di Nusa Dua Bali (yang dihadiri dari 143 negara pakar keuangan di dunia) sangat bagus, baik dari pengelolaan, isi dan pembicara. Untuk itulah menilai wajar jika hasil kerja keras itu membuahkan dua beasiswa pascasarjana di manaUniversite de Limoges mau menerimanya.

FEB UNS dan LAPE (Laboratoired” Analyse et de Prospective Economiques) Université de Limoges telah menjalin kerjasama sejak tahun 2010 dan telah memperoleh beberapa hasil yang mengembirakan diantaranya, 1) memperoleh pendanaan penelitian kerjasama dari pemerintah Perancis dan pemerintah Indonesia (Kemenristek) melalui skema PHC Nusantara 2013-2014, 2) mendapatkan pendanaan hibah penelitian kerjasama internasionaldari DIKTI dan UNS, 3) publikasi artikel di jurnal-jurnal terkemuka ber-impact factor di bidang keuangan dan perbankan seperti Journal of Financial Stability (Elsevier) and Research in International Business and Finance (Elsevier), 4) menyelenggarakan konferensi internasional bersamaya itu The 8th Conference on Risk, Banking and Financial Stability padatahun 2013, 5) Pengiriman beberapa orang dari FEB UNS (baik dosen maupun lulusan S1) untuk studi lanjut PhD dan Master dengan beasiswa dari niversité de Limoges maupundari DIKTI, 6) visiting professor dari Université de Limoges ke FEB UNS maupun visiting professor dari FEB UNS ke Université de Limoges.

Di akhir kunjungan di Limoges, Prof. Darsono dan tim mengunjungi proses lelang sapi limousin dimana kota Limoges merupakan pusat industri peternakan sapi limousin tersebut. Peternakan sapi limousine dikelola secara modern sehingga produktivitas dan sustainabilitasnya terjaga. Catatan; Presiden dan Wakil Presiden dalam qurban setiap tahun menggunakan jenis sapi ini. Tentu ada kemungkinan bekerjasama dalam bidang ini kedepan.