kwu1Kepala Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPKWU) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Ir. Eddy Tri Haryanto,MS , seusai meninjau dengan beberapa wartawan media cetak selasa,23/11/2014,  mengatakan  bahwa PPKwu LPPM UNS memiliki Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), di mana mahasiswa didorong menjadi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Program Mahasiswa Wirausaha . Sebenarnya tidak ada hal yang baru sebab sudah berjalan sejak tahun 2008 lalu. Intinya mencoba untuk merubah mindset mahasiswa agar menjadi wirausaha dengan tujuan, membentuk wirausaha baru dari kalangan terdidik.

Ditambahkannya bahwa PMW merupakan program penyertaan modal kerja bagi mahasiswa yang telah mendapat pelatihan kewirausahaan dan memberikan pendampingan setelah mahasiswa menjalankan usahanya, dana penyertaan modal yang semula diberikan dalam bentuk hibah, sekarang dengan model dana bergulir. Besarnya bantuan bervariasi dari Rp. 5 jt sampai 15 juta, sehingga untuk mengelola dana itu sekarang perlu dibentuk instansi pengelola dana bergulir

Sebanyak lima mahasiswa berhasil mengembangkan bisnis dengan omset belasan jutaan diantaranya di kota Solo jasa servis printer dengan tiga pekerja, usaha kuliner makanan khas Itali de Pasta dengan 7 pekerja, usaha tas dengan dengan sistem online empat pekerja, usaha elektronik dengan empat pekerja dan usaha daging puyuh ungkep di Karang Anom Klaten dengan tujuh pekerja.