Sesuai surat edaran Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan Nomor 2384/E3.1/LT/2016 tanggal 26 Agustus 2016 bahwa DRPM Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan memberi kesempatan kepada para peneliti Universitas Sebelas Maret untuk mengajukan proposal Program INSINAS (Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional) untuk pendanaan tahun 2017 sebagai berikut :

1. INSINAS RISET PRATAMA

Riset Pratama adalah riset tahap permulaan/awal untuk menghasilkan kebaharuan ide/konsep/metode/sistem atau terobosan teknologi baru (breakthrough) yang bermutu yang berdampak pada penguasaan, pengembangan dan pendayagunaan iptek. Riset Pratama dapat berupa Riset Dasar (Basic Research) atau Riset Terapan (Applied Research).

a.

Jika proposal diusulkan secara individu / kemitraan, Pelaksanaan kegiatan  riset  dengan  cara  individu/kemitraan  merupakan pelaksanaan litbang oleh satu lembaga tempat peneliti utama bernaung dengan jumlah peneliti yang terlibat minimal 3 (tiga) orang.

b.

Jika proposal diusulkan secara konsorsium riset, merupakan  kerjasama tiga atau  lebih insitusi  dengan memenuhi unsur lembaga litbang, perguruan tinggi, dan industri. Keanggotaan  konsorsium  riset  paling tidak  terdiri  atas  satu  lembaga  riset,  satu perguruan tinggi dan satu industri. Jumlah peneliti minimal 5 (lima) orang.

c.

Jangka waktu penelitian adalah 1-3 tahun, dengan biaya penelitian hingga Rp. 500.000.000,-/judul/tahun untuk Individu (Non Kelompok Lembaga). Bagi yang berbentuk Kemitraan Riset diberikan dana hingga Rp.1.000.000.000,- dan bagi yang berbentuk Konsorsium Riset SINas diberikan dana hingga Rp. 1.500.000.000,-

2. INSINAS RISET UTAMA

Riset Utama adalah riset pengembangan/ riset tahap lanjut dari serangkaian riset sebelumnya guna menghasilkan produk riset yang disiapkan untuk dimanfaatkan oleh pengguna (Pemerintah, industri, masyarakat). Riset ini untuk mengembangkan hasil-hasil riset dari riset-riset sebelumnya menjadi riset yang menghasilkan teknologi baru dan produk riset berprospek menuju tahap produksi (industri) yang bernilai komersial.

Luaran Program Insinas Riset Utama berupa prototype produk baru (New Product Development) skala laboratorium atau skala industri dan teknologi prosesnya, serta target Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) pada setiap tahun pelaksanaannya.

Pengusul harus berbentuk konsorsium riset SINas yang merupakan kerjasama tiga atau lebih insitusi dengan memenuhi unsur lembaga litbang, perguruan tinggi, dan industri. Jangka   waktu penelitian adalah 1-3 tahun, dengan biaya penelitian hingga Rp 5.000.000.000/judul/ tahun.

Mekanisme pengusulan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat masyarakat silahkan download file berikut: lampiran