PENGUMUMAN : Penerimaan Proposal Pengabdian kepada Masyarakat Gelombang II Dana Kemenristekdikti TA. 2019

Menindaklanjuti informasi dari  Direktorat   Riset  dan  Pengabdian   Masyarakat   (DRPM)   Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan  pada surat Nomor : 3092 /E3.3/PM/2018 perihal Penerimaan Proposal Pengabdian kepada Masyarakat untuk Pendanaan Tahun 2019 Gelombang II  , bersama dengan ini kami sampaikan bahwa Direktorat   Riset  dan  Pengabdian   Masyarakat   (DRPM)   Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan  membuka Penerimaan Proposal Pengabdian kepada Masyarakat untuk Pendanaan Tahun 2019 Gelombang II mulai tanggal 8 sampai dengan 22 Oktober 2018. Proposal yang diusulkan pada gelombang II ini adalah proposal baru (bukan proposal lanjutan). Kami sampaikan pula bahwa pada kesempatan ini penerimaan proposal juga dibuka untuk skema Desentralisasi Pengabdian kepada Masyarakat, yaitu Skema Program Pemberdayaan Masyarakat Unggulan Perguruan Tinggi (PPMUPT).

Skema Pengabdian Kepada Masyarakat kategori kompetitif nasional yang ditawarkan pada Gelombang II adalah sebagai berikut.

  1. Program Kemitraan Masyarakat (PKM)
  2. Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK)
  3. Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD)
  4. Program Pengembangan Unit Produk Intelektual Kampus (PPUPIK)
  5. Program Kemitraan Wilayah (PKW)
  6. Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM)
  7. Program Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM)

Program Pemberdayaan Masyarakat Unggulan Perguruan Tinggi (PPMUPT)

Pengusulan proposal mengikuti ketentuan Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XII dan dilakukan secara daring (online) melalui Simlitabmas dengan alamat http://simlitabmas.ristekdikti.go.id. Teknis pengusulan mengikuti Panduan Pengusulan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Pada penerimaan proposal gelombang II ini diberlakukan beberapa ketentuan sebagai berikut.

  1. Proposal pengabdian kepada masyarakat yang telah diusulkan pada periode penerimaan proposal sebelumnya (Gelombang I) diharuskan melakukan perbaikan menggunakan aplikasi Simlitabmas Gelombang II. Perbaikan proposal dimaksudkan agar standar penulisan proposal memenuhi ketentuan Panduan Edisi XII sehingga dapat meningkatkan peluang untuk didanai
  2. Proposal yang telah diperbaiki disubmit/dikirim ulang, selanjutnya diproses persetujuannya oleh Ketua LP/LPM/LPPM menggunakan aplikasi Simlitabmas Gelombang II.
  3. Pengusulan proposal dibuka mulai tanggal 8 sd 22 Oktober 2018 dan approval (Ketua Lembaga) dilaksanakan mulai 23 sd 25 Oktober 2018.

Demikian disampaikan, atas perhatian diucapkan terima kasih.

Ketua,

ttd

Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D.

NIP. 19680904 199403 1 001

Tembusan Yth:

  1. Rektor (sebagai laporan)
  2. Wakil Rektor Bidang Akademik (sebagai laporan)

LAMPIRAN:

1. Panduan Pengusulan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018

2. Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XII