Menindaklanjuti surat dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor : B/778/E3.3/RA.03/2019 perihal  Penerimaan Proposal Pengabdian kepada Masyarakat untuk Pendanaan Tahun 2020  tanggal 19 Agustus  2019, diberitahukan bahwa DRPM Kemeristekdikti membuka kesempatan bagi para dosen Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk mengusulkan proposal pengabdian kepada masyarakat untuk pendanaan 2020. Adapun skema yang ditawarkan adalah sebagai berikut :

  1. Program Kemitraan Masyarakat (PKM)
  2. Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK)
  3. Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD).
  4. Program Pengembangan Unit Produk Intelektual Kampus (PPUPIK).
  5. Program Kemitraan Wilayah (PKW)
  6. Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM)
  7. Program Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM)
  8. Program Pemberdayaan Masyarakat Unggulan Perguruan Tinggi (PPMUPT).

Pengusulan proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan secara daring (online) melalui Simlitabmas dengan alamat http://simlitabmas.ristekdikti.go.id. Pengajuan proposal dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Tahap pengusulan Program Pengabdian kepada Masyarakat secara daring dimulai tanggal 19 Agustus sd. 9 September 2019.
  2. Usulan Dosen yang masih belum mengunggah catatan harian, laporan akhir, laporan pertanggungjawaban keuangan, dan bahan seminar hasil (artikel ilmiah, borang capaian hasil, poster dan profil) program pengabdian kepada masyarakat yang diterima pada tahun sebelumnya, tidak akan diproses lebih lanjut.
  3. Proposal pengabdian kepada masyarakat mengikuti ketentuan Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Pergururuan Tinggi Edisi XII tahun 2020 (terlampir)
  4. Untuk proposal Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2020 DRPM mendapatkan mandat dari Bappenas dan Kemenko PMK untuk melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat pada desa pilot dan kawasan Desa Prioritas Nasional /KPPN (terlampir). DRPM menghimbau Perguruan Tinggi terdekat dengan lokasi desa Pilot dan KPPN agar dapat mengajukan proposal Pengabdian kepada Masyarakat di lokasi tersebut.
  5. Proposal pengabdian kepada masyarakat baru usulan tahun 2019 yang didanai untuk anggaran tahun 2020 skema multi tahun adalah sebanyak 100 judul dan skema mono tahun sebesar 500 judul.

Demikian kami sampaikan, atas kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Ketua,

ttd

Prof. Dr. Widodo Muktiyo

NIP.  196402271988031002

LAMPIRAN :

1. Panduan P2M Edisi XII Revisi Tahun 2019 versi 2.0

2. Panduan Pengusulan Proposal Pengabdian

3. Desa Prioritas PMK

Tembusan Yth:

  1. Rektor (sebagai laporan)
  2. Wakil Rektor Bidang Akademik (sebagai laporan)