Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional telah meluncurkan Science and Technology Index (SINTA) pada tahun 2017 untuk memudahkan dalam melakukanpendataan, pemetaan, dan pengukuran kinerja hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Indonesia. Saat ini sudah terdaftar lebih dari 195.000 peneliti dari perguruan tinggi dan lembaga litbang dari seluruh Indonesia.

Pemeringkatan kinerja ilmuan Indonesia berdasarkan 500 besar di SINTA (Science and Technology Index) tahun 2020 dilakukan berdasarkan formula untuk menilai kinerja peneliti berdasarkan indikator:

  1. Jumlah artikel jurnal terindeks di Scopus dengan memperhitungkan quartil jurnal tempat publikasi.
  2. Jumlah artikel non-jurnal terindeks di Scopus dengan bobot 15
  3. Jumlah sitasi di Scopus dengan bobot 4.
  4. Jumlah sitasi di Google Scholar dan jurnal artikel di Junal SINTA.

Hal ini mengapresiasi dan membangkitan publikasi di jurnal nasional. Data yang digunakan dalam perhitungan adalah 3 tahun terakhir penuh yaitu dokumen yang terbit tahun 2017 sampai tahun 2019.

Saksikan live streaming “Pemeringkatan Peneliti Indonesia melalui SINTA (Science Technology Index)” bersama Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro pada 28 Mei 2020, melalui kanal Youtube Kemenristek/Brin https://bit.ly/SINTASeries_1.