LPPM UNS RAIH PRESTASI

Seiring dengan upaya pemantapan Universitas Sebelas Maret sebagai Badan Hukum Milik Negara (BHMN), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) pun turut berbenah diri. Sebagai ujung tombak dalam pempublikasian hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat luas kini telah melakukan berbagai ‘action’ baik yang berkaitan dengan penelitian, pengabdian maupun pemberian pelayanan kepada publik.

Hasilnya, pada tahun ini, sejumlah prestasi kini telah berhasil diraih oleh LPPM UNS, antara lain dimenangkannya hibah yang diberikan oleh beberapa Lembaga Negara seperti Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) serta Dinas Pendidikan Jawa Tengah pada tahun ini. Disamping itu, LPPM UNS juga meraih kepercayaan dari DIKTI sebagai Penyeleksi proposal penelitian yang ditujukan kepada DIKTI untuk wilayah Surakarta dan Magelang.

“Ini merupakan prestasi tersendiri bagi LPPM UNS, karena tidak semua Perguruan Tinggi mendapatkan hibah serta kepercayaan menjadi penyeleksi proposal” Tutur Ketua LPPM UNS Prof. Dr. Sunardi, M.Sc dalam wawancara (12/8). Ada tiga klasifikasi Perguruan Tinggi yang dapat memperoleh hibah maupun menjadi penyeleksi proposal penelitian, dan UNS merupakan Perguruan Tinggi yang berada pada klasifikasi ke dua, mampu dan dipercaya mengelola para dosen. Tingkat klasifikasi ini didasarkan pada penilaian terhadap kredibilitas Perguruan Tinggi serta prosentase dosen yang berpartisipasi dalam penelitian.

Seperti yang diungkapkan Prof. Sunardi hibah dari beberapa lembaga Negara tersebut merupakan bantuan yang rutin diberikan setiap tahunnya guna menunjang kapasitas dan kapabilitas civitas akademika. Pemanfaatannya, untuk berbagai kegiatan, seperti workshop penyusunan roadmap penelitian pada tingkat Universitas, fakultas, maupun jurusan. Selain itu, juga digunakan untuk membiayai kegiatan workshop penulisan proposal penelitian bagi dosen.

Namun, prestasi ini belum cukup memuaskan bagi LPPM khususnya dan UNS umumnya. Prof. Sunardi mengungkapkan bahwa prosentase dosen UNS yang berpartisipasi dan terjaring dalam penelitian pada beberapa Lembaga Negara khususnya DIKTI hanya seperdua dari jumlah keseluruhan dosen di UNS. Oleh karena itu, LPPM UNS ‘merangkul’ para dosen untuk meningkatkan kualitas dan skill personal melalui penelitian-penelitian yang bertujuan pada pengabdian kepada masyarakat.