Benchmarking LPPM Universitas Trunojoyo Madura Ke Unit Pelaksana Pengembang Jurnal (UPPJ) dan Unit Pelaksana Publikasi Internasional (UPPI) LPPM Universitas Sebelas Maret

LPPM UNS – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terima  kunjungan Ketua  LPPM Universitas Trunojoyo Madura, Dr. Tatag Handaka, S.Sos., M.Si. beserta rombongan,  untuk sharing dan belajar pengelolaan jurnal dan publikasi internasional  UNS.,  dan  diterima  Prof. Dr. Eng. Syamsul Hadi, S.T., M.T., Sekretaris LPPM UNS dan didampingi Ketua  Unit Pelaksana Pengembang Jurnal (UPPJ) dan Unit Pelaksana Publikasi Internasional (UPPI) Dr.Ir. Mujiyo, SP.MP. Dalam sambutannya mengatakan bahwa  LPPM UNS menyambut baik kunjungan Universitas Trunojoyo Madura kaitannya dengan diskusi mengenai jurnal dan publikasi. Diketahui bersama bahwa saat ini tuntutan publikasi oleh Dosen sebagai peneliti sangat berat dan terus meningkat. Diharapkan dengan adanya pertemuan ini dapat menjadi poros baru untuk mendorong dosen-dosen di UNS bekerjasama dan berkolaborasi Riset Kolaborasi Indonesia (RKI) dalam Penelitian dan Pengabdian dengan Perguruan Tinggi lain baik negeri maupun swasta,  terutama Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB),  perguruan tinggi yang masih BLU (Selasa 8/11/2022)

Dalam kesempatan tersebut   Dr. Mujiyo, juga menambahkan   bahwa UNS dan UTM sangat berpotensi untuk bekerjasama dalam hal publikasi dan manajemen pengelolaan jurnal. Mengingat saat ini UNS telah memiliki unit yang bertugas mengelola jurnal di lingkungan UNS di bawah LPPM. Pengelolaan jurnal oleh UPPJ mendapat dukungan dari pimpinan dalam bentuk Surat Keputusan (SK) Rektor. Dalam membentuk sebuah unit, perlu adanya koordinator dan sekretaris yang menjadi penghubung progres kerja unit dengan pimpinan. UPPJ sendiri memiliki 3 bidang yang mendukung program kerjanya. Pertama, Bidang IT dan OJS yang memfasilitasi website jurnal, kedua adalah Bidang Akreditasi Nasional yang bertanggung jawab dalam pengajuan akreditasi baru dan re-akreditasi nasional, dan terakhir adalah Bidang Indeksasi Internasional yang memfasilitasi jurnal yang menuju internasional.

Program kerja UPPJ UNS sudah sejalan dengan Pedoman akreditasi terbaru yang dirancang untuk mendukung jurnal-jurnal di Indonesia menuju internasional.  Dr. Tatag Handaka, S.Sos., M.Si., Ketua Pengabdian LPPM UTM sampaikan  maksud dan tujuannya berkunjung ke UNS adalah untuk belajar mengenai pengelolaan jurnal yang baik dan efisien, serta bagaimana strategi sebuah jurnal agar dapat bereputasi internasional. Hal ini berkaca dari UPPJ LPPM UNS yang telah berhasil menghantarkan 3 jurnal untuk terindeks SCOPUS. Sebagai penutup, Dr. Tatag bercerita bahwa pengelolaan jurnal di UTM masih terpecah-pecah di bawah masing-masing fakultas. Sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan kunjungan ini dapat memperoleh gambaran bagaimana cara UNS mengelola lebih dari 100 jurnal dengan sitem terpusat, lebih jauh lagi Dr. Tatag berharap dapat menggandeng UNS untuk bekerjasama dalam bidang penelitian dan pengabdian.

Diskusi  ini juga membahas mengenai manajemen naskah untuk publikasi internasional yang disampaikan oleh Unit Pelaksana Publikasi Internasional (UPPI). Dr.agr. Ir. Muhammad Cahyadi, S.Pt., M.Biotech., IPM., selaku Sekretaris UPPI menyampaikan bahwa UNS juga memberikan fasilitas kepada dosen terutama peneliti di lingkungan UNS dalam hal pendampingan untuk membuat naskah publikasi yang tujuan akhir adalah dapat diterima dan diterbitkan di jurnal terindeks Scopus yang citable penerbit terkemuka, terutama Quartile 1 dan 2. Pentingnya pendampingan manajemen naskah publikasi ini berkaitan dengan dukungan penuh oleh Universitas Sebelas Maret dalam membangun kebiasaan bagi dosen dan peneliti menjadi penulis yang baik. .(HUMAS LPPM)