LPPM UNS MEMERIAHKAN PAMERAN RISET DAN INOVASI HAKTEKNAS KE-28 DI JAKARTA

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Kemendikbudristek menyelenggarakan Pameran Riset dan Inovasi yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. Kegiatan ini diselenggarakan bersama dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) ini dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-28. Pameran ini diselenggarakan di di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Jakarta, 11-13 Agustus 2023.
Pameran Riset dan Inovasi Hakteknas ke-28 menampilkan lebih dari 145 produk inovasi yang sudah teruji.  Antara lain 31 produk inovasi di bidang pangan, 32 produk inovasi di bidang energi, 59 produk inovasi di bidang kesehatan, sembilan produk Electric Vehicle, dan 14 produk riset dan inovasi lainnya dengan partisipan dari Perguruan Tinggi Akademik dan Vokasi, serta BRIN.

LPPM UNS sebagai salah satu lembaga di Universitas Sebelas Maret yang bergerak dibidang penelitian dan pengabdian turut berpartisipasi dalam pameran tahun ini, dengan memamerkan produk penelitian inovasi  dibidang energi dengan salah satu penelitian unggulannya yang berjudul “Demonstrasi Unit Gasifikasi Cangkang Sawit Untuk Produksi Gas Mempan Bakar Pengganti Bahan Bakar Fosil Pada Pembuatan Hot Mixed Asphalt” yang diketuai oleh Dr. Sunu Herwi Pranolo, S.T., M.Sc dan Teaching Factory: Pengembangan Mesin Milling CNC Double Column 3-Axis bersama PT. Hasil Karya Indonesia (HKI) thn 2022 yang diketuai oleh Dr. Eko Prasetya Budiana, S.T., M.T.
Ditengah kegiatan tersebut, Ketua LPPM UNS Prof. Dr. Okid Parama Astirin, M.S. yang saat itu juga menjadi salah satu pembicara talkshow Hakteknas hari ke-2 menyempatkan berkunjung di stan dari LPPM UNS tersebut.