“Kunjungan Persahabatan – Melangkah Bersama Menuju Puncak”

Mengawali bulan terakhir di penghujung tahun 2023, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sebelas Maret (LPPM UNS) kembali menerima kunjungan persahabatan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sanata Darma Yogyakarta (LPPM USD Yogja) pada hari Senin, 11 Desember 2023. Sedikit terlambat dari jadwal yang telah direncanakan, tidak mengurangi kehangatan sambutan Ketua LPPM UNS menyambut kedatangan Ketua LPPM USD Dr. Gabriel Fajar Sasmita Aji, M. Hum beserta rombongan LPPM USD Yogyakarta.  Diterima di Ruang Press Room  Lt 1 Gedung LPPM UNS, 11 delegasi LPPM USD diterima baik oleh Ketua LPPM UNS Prof. Okid Parama Astirin, MS lengkap beserta jajaran pejabat struktural mulai Sekretaris, Koordinator Tata Usaha dan 2 Subkoordinator.  Turut hadir pula Ketua Unit Penjaminan Mutu, Direktur Direktorat Inovasi dan Hilirisasi (DIH) serta Kepala Unit Pengelola KKN.

Pada kesempatan kunjungan kali ini, disampaikan oleh Dr. Fajar keinginan LPPM USD untuk belajar bersama tentang pengelolaan KKN, Hak Kekayaan Intelektual dan Mekanisme Ethical Clearance. LPPM UNS dipandang memiliki rekam jejak dan kinerja yang patut dibanggakan terkait kinerja pelayanan dan pengelolaan layanan, sehingga menggerakkan LPPM USD untuk duduk bersama, menimba ilmu dan pengalaman best practice-nya. Paparan-demi paparan diawali oleh Sekretaris LPPM UNS Prof. Dr. Eng. Syamsul Hadi, S.T., M.T. yang menyampaikan capaian kinerja  LPPM 5 tahun terakhir. Disusul selanjutnya berturut-turut pemaparan tentang pengelolaan Hak Kekayaan Intelektual oleh Direktur DIH Prof. Venty Suryanti, S.Si., M.Phil., Ph.D.; pemaparan pengelolaan KKN oleh Ketua Unit Pengelola KKN UNS Dr. rer.nat. Nurhadi, S.Ant., M.Hum. dan terakhir pemaparan mekanisme Ethical Clearance oleh Ketua Unit Penjaminan Mutu LPPM Anif Jamaluddin , S.Si., M.Si., PhD.

Sesi tanya jawab usai pemaparan terakhir berlangsung dengan antusias, terbukti dari beragam dan banyaknya keingintahuan untuk “ngangsu kawruh” oleh sahabat LPPM USD. Jika saja tidak ada keterbatasan waktu, jamuan persahabatan kedua lembaga yang menggawangi Penelitian dan Pengabdian masih akan terus berlangsung dalam suasana keakraban yang kental terasa. Demikianlah kunjungan harus berakhir namun tidak untuk jalinan persahabatan diantara lembaga. LPPM UNS senantiasa menyambut hangat semua sahabat. Bersama LPPM UNS “Munggah Terus”.