Pendaftaran Peserta Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Tahun 2024

Dalam upaya meningkatkan jumlah publikasi dan meningkatkan kemampuan para dosen perguruan tinggi dalam menulis artikel ilmiah yang memenuhi standar dan kaidah yang telah ditentukan, Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi memberikan kesempatan bagi dosen yang berminat mengikuti pelatihan penulisan artikel ilmiah tahun 2024.
Berkenaan dengan hal tersebut, mohon bantuan Saudara pimpinan perguruan tinggi dan Kepala LLDikti mohon bantuannya untuk dapat memberitahukan kepada dosen dan perguruan tinggi di wilayahnya masing-masing.
Prosedur pelatihan dibagi kedalam tiga tahap:

  1. Pertama, peserta wajib mengikuti Web Seminar (Webinar) Penulisan Artikel iIlmiah 2024 secara daring;
  2. Kedua, peserta yang telah mengikuti Webinar diperbolehkan mendaftar untuk mengikuti pendampingan penulisan artikel secara tatap muka;
  3. Ketiga, peserta memperbaiki naskah, mengajukan naskah ke jurnal dan menyampaikan bukti pengajuan naskah ke jurnal target kepada DRTPM.

Pelatihan tahap pertama, peserta mengiktui Webinar yang akan dilakukan serial berdasarkan wilayah kerja LLDIKTI. Panduan dan pendaftaran peserta Webinar untuk seluruh wilayah melalui laman http://ringkas.kemdikbud.go.id/webinarartikel2024 paling lambat tanggal 4 Maret 2024. URL Webinar akan diumumkan sebelum kegiatan berlangsung, dengan jadwal pelaksanaan sebagai berikut:

Pelatihan tahap kedua (pendampingan) akan dilaksanakan secara bertahap. Pelaksanaan pendampingan batch I akan diselenggarakan antara bulan April−Juli tahun 2024 jika kuota per kota pilihan telah memenuhi jumlah peserta 50 orang. Calon peserta dipersilakan untuk memilih kota pelaksanaan kegiatan yang terdapat pada form pendaftaran yang akan diumumkan setelah pelaksanaan Webinar.
Pelatihan tahap ketiga, peserta yang telah mengikuti pendampingan akan diminta untuk memperbaiki naskah dan mengajukannya ke jurnal ilmiah. Tata cara penyampaian bukti penyampaian pengajuan naskah akan di infokan pada akhir pendampingan.
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi narahubung melalui Sdr. Dewa (WhatsApp 0818555797).
Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami ucapkan terima kasih.

Berita ini meneruskan surat dari Direktorat Jenderan Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemenristekdikti Nomor: 0171/E5/DT.05.02/2024

Lampiran:
Surat Resmi Pendaftaran Peserta Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Tahun 2024