Unit Pelaksana Pengembang Jurnal (UPPJ) LPPM UNS Melaksanakan Kegiatan Bootcamp Internasionalisasi Jurnal Nasional Universitas Sebelas Maret

Unit Pelaksana Pengembang Jurnal (UPPJ) LPPM Universitas Sebelas Maret (UNS), pada tanggal 12-14 Mei 2023 telah menyelenggarakan Bootcamp Internasionalisasi Jurnal Nasional UNS yang bertempat di Wujil Resort & Convention, Ungaran – Semarang. Kegiatan ini merupakan realisasi dukungan institusi dalam proses internasionalisasi jurnal-jurnal ilmiah nasional di lingkungan UNS. Proses internasionalisasi jurnal ilmiah di UNS dimulai dengan memilih jurnal target yang berpotensi untuk mendapatkan indeksasi internasional menengah. Target lembaga pengindeks internasional yang dipilih adalah DOAJ, EBSCO, CABI, dan PubMed.  Pemilihan lembaga pengindeks tersebut bertujuan untuk mempersiapkan jurnal-jurnal target supaya dapat terindeks internasional tinggi seperti SCOPUS dan WoS. Bootcamp yang dilaksanakan selama tiga hari ini mengundang 10 jurnal terpilih yang berpotensi tinggi berkembang menjadi jurnal internasional bereputasi.  

Dr. Ir. Mujiyo, S.P., M.P., selaku Kepala UPPJ dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengelolaan jurnal di Indonesia saat ini diarahkan menuju standar internasional. Selain itu, potensi untuk mendapatkan author dari luar negeri sangat sulit apabila jurnal belum memiliki indeksasi internasional. Oleh karenanya, kegiatan ini difokuskan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan manajemen penerbitan 10 jurnal ilmiah yang terpilih agar mampu terindeks internasional.

Sejalan dengan yang telah disampaikan Dr. Mujiyo, Ketua LPPM Prof. Dr. Okid Parama Astirin, M.S., menyampaikan bahwa LPPM akan mengawal kegiatan UPPJ dalam mendampingi jurnal-jurnal di UNS. Kegiatan yang diadakan oleh UPPJ merupakan bentuk loyalitas pengelola jurnal pada instansi. Para “Original (Orang Gila Jurnal)” inilah yang nantinya akan mengangkat nama jurnal-jurnal di lingkungan UNS yang tentunya akan berdampak pada peningkatan reputasi institusi. Sebagai kabar yang membanggakan, UNS saat ini menjadi nomor 2 dalam kategori akselerasi penambahan jurnal yang terakreditasi nasional di Indonesia. Dalam sambutannya, Ketua LPPM sekaligus membuka acara Bootcamp Internasionalisasi Jurnal Nasional UNS.

Kegiatan bootcamp yang dilaksanakan telah sesuai dengan target, berdasarkan hasil yang disampaikan oleh PIC kegiatan, Dr. Mohtar Yunianto, S.Si, M.Si. Lima jurnal telah berhasil mendaftar pada DOAJ yaitu: AgriHealth: Journal of Agri-food, Nutrition and Public Health; Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi; JEEICT: Journal of Electrical, Electronic, Information, and Communication Technology; PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya; dan JMME: Journal of Mathematics and Mathematics Education. Empat jurnal telah berhasil mendaftar pada indeksasi internasional kelas menengah EBSCO yaitu Region: Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanaan Partisipatif; GeoEco, Center of Middle Eastern Studies (CMES); dan Mekanika. Sedangkan JPSCR: Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research telah mendaftar pada CABI dan PubMed. Sebagai bentuk komitmen bersama, UPPJ akan terus memonitor, mengevaluasi, dan mendampingi jurnal-jurnal ilmiah di UNS untuk memperoleh akselerasi indeksasi internasional bereputasi.