PUSAT STUDI JEPANG LPPM UNS ADAKAN WEBINAR BERBAGI PENGALAMAN MENUNTUT ILMU STUDI LANJUT DI JEPANG BAGI MAHASISWA ALUMNI ARSITEKTUR

Pusat Studi Jepang (PSJ) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama dengan Departemen Ilmu dan Profesi Himpunan Mahasiswa Arsitektur Vastu Vidya (HMA VV), Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik (FT) UNS mengadakan Webinar – Talk Show Series dengan tema “Berbagi Pengalaman Studi Lanjut di Jepang bagi Mahasiswa Arsitektur” pada hari Sabtu, 29 Juni 2024. Webinar ini diikuti oleh mahasiswa arsitektur dari berbagai universitas dan dilakukan secara online melalui platform zoom. Acara dimulai dengan sambutan oleh ketua PSJ UNS, Dr. Eng. Kusumaningdyah Nurul Handayani S. T., M. T., yang menjelaskan tujuan dari kegiatan ini, yaitu untuk memberikan gambaran tentang pendidikan lanjut di Jepang, terutama di Kyushu University dan Tohoku University, yang merupakan universitas-imperial terbaik di Jepang. 

Narasumber pertama, Nichella Tjendana S. Ars., M.Eng, membagikan pengalamannya dalam mendaftar ke Kyushu University. Ia menjelaskan proses persiapan dokumen, seperti CV, Portofolio, dan tes TOEFL, serta komunikasi dengan profesor dan persiapan dokumen lanjutan. Nichella juga menjelaskan fasilitas yang tersedia di Kyushu University, seperti perpustakaan dan ruang studio untuk mahasiswa arsitektur. Narasumber kedua, Yunisa Zahrah S. T., M.I.S, memaparkan pengalaman dalam mendaftar ke Tohoku University. Ia menjelaskan pentingnya mencari laboratorium dan profesor yang sesuai dengan minat penelitian, serta proses pendaftaran dan program studi interdisipliner yang tersedia. Yunisa juga menekankan pentingnya keterampilan presentasi, penelitian, berpikir kritis, dan diskusi. Dia juga membahas peluang beasiswa di Jepang, baik yang disediakan oleh pemerintah Jepang maupun lembaga dalam negeri seperti LPDP. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana peserta dapat bertanya tentang materi yang sudah disampaikan.