PUSAT STUDI JEPANG MENGEMAS KEGIATAN BERFIKIR DESAIN DALAM KEBENCANAAN SEBAGAI PENGEMBANGAN ALAT EDUKASI MITIGASI KEBENCANAAN BERSAMA PEKARYA SUNGAI SUMBER

   

PSJ LPPM UNS bekerja sama dengan KPS – Pekarya Sungai Sumber, dalam upaya pelestarian dan pengelolaan sungai di bantaran Kali Anyar. Anggota PSS termasuk warga setempat, aktivis lingkungan, pelajar, dan pemerhati alam. Kegiatan mereka termasuk pembersihan sungai, edukasi pengolahan limbah, dan kegiatan seni. Dalam rangka pengabdian masyarakat, PSS mendukung kegiatan edukasi sungai melalui program PKMI-UNS 2024 P2M UNS. Program ini diselenggarakan oleh PSJ UNS bekerja sama dengan Program Studi Arsitektur FT – URDC Laboratorium UNS dan Faculty Engineering Scienc, Kyushu University Japan.

Program ini melibatkan PSS Sumber dan menggunakan metode mitigasi advokasi Jepang. Kegiatan ini merupakan pengembangan desain tools kebencanaan kreatif yang diadaptasi dari kegiatan Iza! Kaeru Caravan, Jepang. Metode ini adalah kegiatan mitigasi bencana dengan mengemas pengetahuan mitigasi kebencanaan dalam produk desain permainan anak-anak menarik. Produknya antara lain permainan kartu, ular tangga, monopoli, sapu tangan, wayang kertas, dll. Juga menyediakan tas berisi peralatan penting kebencanaan.

Mahasiswa Arsitektur FT UNS bekerja sama dengan Program Studi Arsitektur melaksanakan FGD pengembangan desain tools kreatif berbasis metoda Izza! Kaeru Caravan pada 28 April 2024 untuk merencanakan desain yang memberdayakan dan memperkuat komunitas PSS berbasis kearifan lokal. FGD diikuti oleh 16 anak-anak dari daerah Sumber, anggota PSS, terbagi menjadi 4 kelompok. Pemetaan pengetahuan lokal kebencanaan anak-anak dilakukan dengan menanyakan interest, problem, knowledge, dan aspiration mengenai sungai dan tempat tinggal di daerah Sumber. Hasil FGD akan digunakan untuk pengembangan sarana edukasi dan advokasi produk pengetahuan dan kegiatan Izza! Kaeru Caravan berdasarkan pengalaman anak-anak setempat.