UNS MENYAPA merupakan program acara di media elektronik yang dijadikan sebagai wadah publikasi dan komunikasi antara civitas akademika UNS dengan stakeholder eksternalnya. Program ini disiarkan oleh dua stasiun televisi lokal di Surakarta dan Jogjakarta, yakni TA TV dan Jogja TV.
Untuk bulan Juni 2009 program ”UNS MENYAPA” menghadirkan LPPM UNS sebagai salah satu lembaga di lingkungan UNS yang menjadi ujung tombak menuju World Class University (WCU). Sehingga pada 2 Juni 2009 LPPM UNS dan Jogja TV melaksanakan pengambilan gambar untuk program tersebut dengan mengundang lima peneliti yang melakukan penelitian unggulan dalam kurun waktu tiga tahun ini yakni Triyono, ST, MT, Ir. Endah Retno Dyartanti, MT, Dr. rer. nat. Fajar Rakhman Wibowo, MSi, Ir. Lobes Herdiman, MT, Dr. Kuncoro Diharjo, ST, MT serta ketua LPPM UNS, Prof. Dr. Sunardi , MSc yang memberikan gambaran pengenalan LPPM UNS.


”Program ”UNS MENYAPA” di Jogja TV akan ditayangkan tunda pada Selasa 9 Juni 2009 dan Kamis 11 Juni 2009 pukul 17.00 WIB”, terang Dwi Arini Utami, Ssos, Kepala Sub bagian Data, Informasi dan Kehumasan LPPM UNS.
”Sedangkan untuk TA TV program ini disiarkan secara live atau langsung dari studio TA TV pada Senin, 8 Juni 2009 pukul 16.30 WIB dengan mengundang narasumber dua pengabdi LPPM UNS yakni Choirul Anam dan Sarah Rum serta Drs. Tri Atmojo Kusmayadi, MSc, PhD, Sekretaris LPPM UNS”, terang Dwi Arini lagi.
Dengan adanya program acara ”UNS MENYAPA” ini LPPM UNS sebagai lembaga yang unggul, terpercaya dan mandiri di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat khususnya pengembangan dan pemanfaatan IPTEKS dan kebudayaan dapat dikenal masyarakat serta eksistensinya pun dapat mengangkat harkat hidup masyarakat.