Pusat Penelitian dan Pengembangan Hak Kekayaan Intelektual Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sebelas Maret  (P3HKI LPPM UNS) akan menggelar Workshop Penelitian Berpotensi Paten pada 7 November 2009 bertempat di ruang sidang LPPM UNS.

Hal yang mendasari penyelenggaraan Workshop antara lain, paten merupakan penghargaan terhadap kreatifitas manusia dan daya cipta manusia dalam memenuhi kebutuhan atau memecahkan masalah kehidupannya, baik dalam lingkup seni, ilmu pengetahuan dan teknologi maupun produk unggulan suatu masyarakat serta mencegah duplikasi hasil temuan atau daya cipta seseorang.

Workshop ini akan diikuti oleh para inventor di lingkungan UNS yang memperoleh hibah penelitian dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), Kementerian Negara Riset dan Teknologi (KNRT), Badan Penelitian dan Pengembangan Pemerintah Propinsi Jawa Tengah (Balitbang Pemprop Jateng), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah, dll, dimana out put penelitian tersebut merupakan produk riil atau prototipe .

Workshop ini juga akan dibimbing narasumber yang berkompeten terhadap pengajuan paten yakni Prasetyo Hadi Purwandoko, SH, MS. Di sini para peserta dibimbing untuk menyusun draft pengajuan paten, sehingga setelah workshop ini berakhir ada beberapa draft produk penelitian dari inventor yang dapat diajukan perolehan patennya.