mou-twente-belanda6Dalam rangka mengakselerasi kualitas pendidikan dan penelitian dan sejalan dengan program internasionalisasi UNS, tim dari UNS yang terdiri dari Prof. Dr.Ir. Darsono (KetuaLPPM UNS), Prof.Dr. Hartono (Wakil Dekan bidang Akademik FakultasKedokteran UNS), Prof. Dr. Tulus Haryono (Ketua Program DoktorEkonomi UNS), Dr. IrwanTrinugroho (Ketua Tim Akreditasi dan Kerjasama Internasional FEB UNS) dan beberapa dosen berkunjung kebeberapa PerguruanTinggi di Eropa pada bulan Februari 2015.

Kunjungan yang pertama adalah ke University of Twente, Belanda yang berdasarkan QS World University Rankings merupakan universitas peringkat 212 dunia di tahun 2014 dan merupakan universitas kategori five stars berdasarkan QS Stars. Dalam kunjungan ini disepakati perjanjian kerjasama (MoU) antara kedua institusi untuk periode 3 tahun. Dalam pertemuan tersebut pihak University of Twentediwakilioleh Prof. RezaulKabir (School of Management and Governance), Prof. C.P.M. Wilderom (School of Management and Governance),Prof. Paul Van Dijk (Twente Graduate School), Prof. J.A. Van Til (Health Technology and Services Research), Dr. Inge Van Haare (Coordinator Internationalization), Dr. Aleksandra Kovac (Coordinator International Affairs, International Business Administration Program).Kesepahaman yang tertuang dalam MoU meliputi beberapa hal yaitu: 1) kolaborasi dalam penelitian dan publikasi internasional, 2) double degree untuk program Master yaitu Magister Akuntansidan Magister Manajemen UNS dengan program Master of Science in Business Administration di University of Twente, 3) UNS akan mengirimkan staf akademiknya untuk mengambil Program PhD di University of Twente khususnya di bidang business serta health technology and services, 4) UNS akan mengirimkan lulusan terbaiknya untuk mengambil program Master di University of Twente khususnya di bidang business serta health technology and services, 5) pertukaran staf akademik (visiting scholar), 6) program sandwich untuk mahasiswa doktoral UNS.

Untuk tahap pertama, beberapa program telah disepakati sebagai berikut: 1) Taufiq Arifin, M.Sc, dosenFakultas Ekonomi dan Bisnis dosen UNS, diterima di program PhD di University of Twente untuk intake September 2015 di bawah supervisi Prof. RezaulKabir. Proses wawancara langsung dilakukan setelah diskusi kesepakatan MoU dengan ditunggu delegasi UNS. 2) Riset kolaborasi dan publikasi akan dijalankan mulai bulan Maret 2015.

Kunjungan selanjutnya rencananya akan dilakukan ke Ghent University,Belgia dan University of Giessen, Jerman. Di samping itu tim juga dijadwalkan untuk melakukan presentasi di Springer, penerbit jurnal terkemuka dariJerman. UNS berinisiasi untuk menerbitkan jurnalnya bekerjasama dengan Springer untuk mengakselerasi kualitas dan keterbacaaan dari jurnal-jurnal tersebut serta untuk mempermudah terindeks di lembaga pengindeks terkemuka seperti Scopus dan Thomson Reuters. Dalam waktu dekat akan didatangkan pula oleh LPPM di UNS. Para pengelola jurnal di UNS dimohon bersiap diri. (Humas LPPM)