Pemakaian Bahasa Komunikatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 15 Surakarta.

Kata kunci: bahasa komunikatif, matematika.

Sumarwati; dkk*)
Fakultas KIP UNS, Penelitian, Dikti, Tindakan Kelas, 2006.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan cara dan prosedur pembelajaran soal cerita Matematika dengan menggunakan bahasa yang komunikatif. Oleh karenanya strategi penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus dengan subjek siswa dan guru kelas V SD Negeri 15 Surakarta. Adapun untuk setiap siklus penelitian dilaksanakan dengan proses kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan pemakaian bahasa yang komunikatif pada soal cerita, yaitu yang sesuai dengan kemampuan dan minat siswa, dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika. Yang dimaksud bahasa yang sesuai dengan kemampuan siswa adalah menggunakan kosakata yang dikenal dan digunakan para siswa dalam struktur kalimat-kalimat tunggal sehingga lebih mudah dipahami. Yang dimaksud dengan sesuai minat siswa adalah menggunakan tokoh dalam cerita dan tokoh idola siswa sebagai pelaku pada soal cerita, misalnya tokoh bintang atau selebriti. Adapun pembenahan pemakaian bahasa pada soal-soal cerita dalam buku teks yang berupa penggantian dan pemvariasian kata-kata, penyederhanaan redaksi/struktur kalimat, penggunaan ukuran satuan pada kalimat tanya, dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menerjemahkan soal cerita ke dalam notasi hitung. Temuan lain penelitin ini adalah adanya kesejajaran antara jumlah siswa yang dapat menerjemahkan soal ke dalam notasi hitung dengan yang dapat menjawab soal dengan benar.