Uji Sifat Minyak Pirolisis dan Uji Performasi Kompor Berbahan Bakar Minyak Pirolisis dari Sampah Plastik Polyethylene

Kata Kunci : Pirolisis, Sifat Fisik, Sifat Kimia, Plastik PE

Syamsul, Rendy, Suyitno
LPPM UNS, Penelitian, DP2M, Hibah Bersaing, 2009

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik dari minyak hasil pirolisis sampah plastik PE. Hal yang diteliti meliputi sifat fisik yaitu viskositas dan densitas dari minyak pirolisis, nilai kalor dari minyak pirolisis serta pengujian efisiensi kompor dengan menggunakan bahan bakar minyak pirolisis Plastik PE.
Penelitian dilakukan pada reaktor pirolisis tak kontinyu dimana pemanasan berasal dari luar. Variasi yang digunakan pada pengujian ini adalah temperatur dinding reaktor yang digunakan yaitu 300ºC, 350ºC, 400ºC dan 450ºC.
Hasil eksperimen menunjukkan bahwa semakin tinggi suhu reaktor maka tar yang dihasilkan relatif meningkat, viskositas tertinggi minyak pirolisis plastik diperoleh pada suhu 4500C sebesar 4,4374 cP, massa jenis rata-rata minyak pirolisis adalah 0.24 kg/L. Pada pengujian kalor, nilai kalor terbesar diperoleh pada suhu reaktor 350 0C yaitu sebesar 45,6603 MJ/kg. Pada pengujian kompor dengan bahan bakar minyak pirolisis, efisiensi tertinggi dicapai pada suhu reaktor 3000C yaitu sebesar 30.92%