LPPM AKAN KENALKAN PRODUK PENELITIAN DALAM PAMERAN UNS LUSTRUM 8

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sebelas Maret (LPPM UNS) akan berpartisispasi dalam pameran Dies Natalis UNS ke 40 atau Lustrum UNS ke 8 di The Park Solo, pada 10 – 13 Maret 2016. Acara tahunan tersebut bertajuk UNStopable Exhibitions and Performances juga akan diramaikan oleh berbagai pertunjukan dan talkshow dari Unit Kegiatan Mahasiswa maupun alumni UNS.

Pada pameran tersebut LPPM UNS akan memperkenalkan luaran penelitian dan produk hasil pengabdian kepada masyarakat. Luaran penelitian yang dipamerkan antara lain pengembangan rumput untuk stadion yang bertaraf internasional oleh Dr. Sc. Agr. Rahayu; pupuk organik untuk buah-buahan yang dikembangkan oleh Dr. Fitria Rahmawati; alat deteksi dini banjir dirancang oleh Mohtar Yunianto, S.Si, M.Si; Bioetanol dari buah genderuwo dan Durian “Semar” varietas unggul hasil penelitian Dr. Endang Yuniastuti; biofoam Poly(urethane-urea)-g-Zein/Fly-ash (PUU-g-Z/FA) dari minyak sawit dengan filler limbah fly-ash batubara oleh Dr. Mohammad Masykuri, M.Si.

Sedangkan hasil pengabdian kepada masyarakat yang dipublikasikan antara lain produk herbal kopi, produk yogurt, produk olahan buah naga, jamu tradisional, lingzhi herbal, produk batik, produk olahan wortel, produk olahan susu, serta miniatur handycraft. Produk-produk tersebut merupakan kerjasama para pengabdi LPPM UNS dengan pengrajin atau Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Solo Raya.

Di samping itu, LPPM UNS juga akan tampil dalam rangkaian acara pameran UNStopable Exhibitions and Performances pada Minggu, 13 Maret 2016 pukul 17.00 – 18.00 dalam talkshow Hilirisasi Hasil Penelitian. Partisipasi LPPM UNS dalam pameran Dies Natalis UNS ke 40 diharapkan dapat memperkenalkan luaran hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan pelaku industri sehingga mendorong kerjasama untuk mengkomersilkan luaran tersebut.