Checking and Submission DOAJ Indexation

Unit Pelaksana Pengembang Jurnal (UPPJ) LPPM Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan kegiatan dengan tema “Jurnal UNS: Checking and Submission DOAJ Indexation” pada hari Kamis, tangga 20 Januari 2022. Kegiatan berlangsung secara luring dan daring yang diikuti oleh pengelola jurnal di UNS. Kegiatan bertujuan untuk mendorong jurnal-jurnal UNS terindeks Directory of Open Access Journals (DOAJ). Narasumber kegiatan adalah Arbain, S.P., M.Pd. selaku volunteer of DOAJ.

Dr. Ir. Mujiyo, S.P., M.P. memberikan sambutan

Kegiatan dibuka oleh Ketua UP Pengembang Jurnal LPPM UNS, Dr. Ir. Mujiyo, S.P., M.P., yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya percepatan peningkatan akreditasi dan indeksasi jurnal oleh Lembaga pengindeks jurnal internasional.

Penyampaian materi Arbain, S.P., M.Pd.

Diskusi dipandu oleh Kukuh Tejomurti S.H., LL.M. selaku moderator. Bapak Arbain, S.P., M.Pd. menyampaikan materi terkait panduan untuk DOAJ submission. Kesalahan yang sering terjadi pada saat indeksasi ke DOAJ diantaranya tidak konsisten informasi pemegang hak cipta atau copyright serta lisensinya. Kegiatan dimulai dengan checking terhadap 10 jurnal target.  Setelah dilakukan checking sesuai dengan persyaratan indeksasi DOAJ, dilanjutkan dengan submission ke DOAJ. Sepuluh jurnal UNS target tersebut adalah:

  1. Prasasti: Journal of Linguistics
  2. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika
  3. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis
  4. Equilibrium Journal of Chemical Engineering
  5. REGION : Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanaan Partisipatif
  6. ARSITEKTURA : Jurnal Ilmiah Arsitektur dan Lingkungan Binaan
  7. Bioedukasi : Jurnal Pendidikan Biologi
  8. INKUIRI : Jurnal Pendidikan IPA
  9. Placentum : Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya
  10. Jurnal Analisa Sosiologi

Output kegiatan ini adalah peningkatan indeksasi DOAJ di lingkungan UNS, khususnya pada kesepuluh jurnal target tersebut.

Kegiatan ditutup oleh Ketua UP Pengembang Jurnal LPPM Universitas Sebelas Maret (UNS), Dr. Ir. Mujiyo, S.P., M.P., dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber, peserta dan panitia penyelenggara yang telah menyukseskan kegiatan.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.