UNIT PELAKSANA PUBLIKASI INTERNASIONAL (UPPI) LPPM UNS ADAKAN CAMP PENULISAN ARTIKEL JURNAL BEREPUTASI BATCH II

Pada hari Rabu s.d Jum’at, 2 – 4 November 2022 bertempat di The Wujil Resort Ungaran Semarang, Unit Pelaksana Publikasi Internasional (UPPI) LPPM UNS mengadakan kegiatan Camp Penulisan Artikel Jurnal Bereputasi Batch II. Pada Batch II, kegiatan ini diikuti oleh 38 staf pengajar/dosen UNS. Pada sambutannya mewakili Ketua LPPM, Prof. Dr. Okid Parama Astirin, M.S. menyampaikan bahwa kegiatan ini sengaja dilakukan diluar kampus sebagai upaya agar para peserta dapat berkonsentrasi penuh untuk dapat menulis artikel jurnal bereputasi dan ditargetkan pada akhir kegiatan artikel dapat langsung di-submit. Diharapkan dengan berhasilnya penulisan artikel pada jurnal bereputasi ini yang juga merupakan syarat untuk kelulusan program S3/Doktor, para peserta segera dapat meyelesaikan studi-nya. Kegiatan ini juga merupakan pilot project di UNS, dan jika berhasil kegiatan ini akan dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya.

 Pada hari ke-1 kegiatan diawali dengan penyampaian materi oleh narasumber. Narasumber yang pertama adalah Prof. Dr. Yunisrina Qismullah Yusuf, S.Pd., M.Ling. dari Universitas Syiah Kuala dengan materi “Constructing New Insights, State of The Art and Novelty to Your Research” dan “Enhancing Competence on Composing Academic Writing as a Scientific Product”. Narasumber yang kedua adalah Associate Professor Yudi Fernando, Ph. D dari Universiti Malaysia Pahang dengan materi “Managing Editor and Reviewer Feedback Effectively”.

Pada hari ke-2 dilakukan kegiatan pendampingan oleh Tim Pendamping yang antara lain dari para Koordinator Bidang di UPPI LPPM dan para dosen S3 yang sudah berpengalaman dalam penulisan jurnal ilmiah dalam hal: menentukan jurnal tujuan; menyesuaikan format; dan membuat cover letter dan persiapan artikel. Sedangkan pada hari ke-3 dilakukan proses submit dan laporan submit jurnal serta penutupan acara oleh Kepala Unit Pelaksana Publikasi Internasional (UPPI) LPPM UNS Prof. Doddy Setiawan, SE, M. Si, Ph.D Ak.