LPPM UNS Gelar Roadshow di Temanggung

LPPM UNS menggelar roadshow pada Sabtu, 14 Oktober 2023 berlokasi di  Braman, Jambon, Kec. Gemawang, Kabupaten Temanggung.

Bertemakan “NGOPI BARENG” kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua LPPM UNS, Prof. Dr. Okid Parama Astirin.,M.S, Joko Budi Nuryanto, S.P., M.Si selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung, Ahmad Zakaria sebagai Ketua Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis Kopi Robusta Temanggung serta awak media massa.

Rangkaian acara roadshow diawali dengan pemaparan hasil penelitian yang disampaikan oleh Ir. Widiyanto, S.P., M.Si, Ph.D selaku Kepala Pusat Studi Perlindungan dan Pemberdayaan Petani LPPM UNS sekaligus peneliti kopi di Temanggung itu sendiri.

Menurutnya, ciri khas kopi robusta Temanggung dibanding kopi dari daerah lain seperti Gayo, Bajawa maupun Toraja adalah memiliki ciri khas kopi rasa gula aren, sedangkan kalau kopi arabika ada rasa tembakaunya dan hal itu yang menurutnya harus dijaga.

Prof. Okid menambahkan bahwa UNS mempunyai ilmu secara teori dan jejaring dengan dinas terkait serta anggaran untuk diaplikasikan oleh dosen maupun mahasiswa sehingga tercipta kolaborasi antara masyarakat, akademisi, dan dinas-dinas yang berkaitan.

 

Humas LPPM