Melintas Batas Meraih Asa Scopus

Menutup akhir tahun 2023, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menerima kunjungan Benchmarking Pengelolaan Jurnal dari Politeknik Pariwisata Bali pada hari Jumat, 22 Desember 2023. Delegasi tim editor Jurnal Politeknik Pariwisata Bali dipimpin oleh Drs. I Gusti Ngurah Agung Suprastayasa M.Ed diterima hangat oleh Sekretaris LPPM Prof. Dr. Eng. Syamsul Hadi, S.T., M.T.  di ruang Press Conference LPPM. Hadir pula dalam kesempatan tersebut tim Unit Pelaksana Pengembang Jurnal (UPPJ) LPPM. Prof. Dr. Mujiyo, S.P., M.P sebagai Kepala UPPJ lengkap dengan sekretaris UPPJ dan para koordinator bidang UPPJ yaitu Korbid OJS, Korbid Akreditasi Nasional dan juga Korbid Indeksasi Internasional.

Usai memberi sambutan penerimaan kunjungan, Sekretaris LPPM memperkenalkan seluruh jajaran LPPM sekaligus memaparkan sekilas kinerja LPPM pada tahun 2023. Sebagaimana yang diutarakan oleh Drs. Agung dalam prakata awal bahwa tujuan benchmarking ini adalah untuk belajar tentang pengelolaan jurnal dalam rangka menghadapi akreditasi, upaya meningkatkan kinerja jurnal terindeks Sinta hingga harapan dapat masuk jurnal bereputasi internasional terindeks Scopus. Politeknik Pariwisata Bali memandang bahwa LPPM sebagai salah satu institusi yang dipandang kompeten dalam pengelolaan jurnal, dan banyak jurnal yang telah tembus dalam Scopus.

Gayung bersambut, LPPM didukung dengan formasi lengkap UPPJ  dengan tangan terbuka menyampaikan seluk beluk, tips dan trik mengelola jurnal, menghidupkan jurnal yang mati suri hingga terakreditasi termasuk tips pendampingan bagi pengelola jurnal hingga mampu menembus Scopus. Indikasi potensi kolaborasi terbuka lebar dan disambut hangat oleh kedua pihak. Prof. Mujiyo menginisiasi kemungkinan bekerja sama dan berkolaborasi sebagai reviewer oleh tim LPPM UNS. Tim UPPJ LPPM UNS siap berbagi, siap membersamai semua mitra untuk tumbuh dan berkembang menembus Jurnal Terakreditasi Nasional hingga Internasional.

Kunjungan berakhir dengan ditutup oleh Ketua LPPM UNS Prof. Okid Parama Astirin, MS disertai pesan dan harapan agar dapat segera ditindaklanjuti kerjasama pengembangan jurnal antara 2 institusi. Pada akhirnya bersama UPPJ LPPM UNS, upaya menembus jurnal bereputasi Internasional bukanlah sebatas angan.

Bersama LPPM UNS…MUNGGAH TERUS!

(Humas LPPM)