LPPM UNS Pamerkan Produk Unggulan Hasil Riset Pada InaRi Expo 2024

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS menjadi salah satu dari sekian banyak peserta yang ikuti gelaran Indonesia Research & Innovation Expo (InaRi Expo) 2024 yang digelar di Gedung Innovation Convention Center (ICC) BRIN, Cibinong, Bogor pada 8-11 Agustus 2024.

Dalam gelaran tahun ini, LPPM UNS memamerkan beberapa produk inovasi dari para peneliti UNS diantaranya, Aplikasi Immersive berupa Virtual Reality Anima Safari (Jelajah Kebun Binatang) dan VR Maritopia (Ekslporasi Bawah Laut) dari D3 Teknik Informatika  SV-UNS yang dikembangkan Taufiqurrakhman Nur Hidayat, S.Kom., M.Cs., CPro, Ventilator ICU UNS IV yang merupakan alat bantu pernapasan yang dirancang khusus untuk digunakan di ICU yang dikembangkan oleh Ahmad Marzuki, S.Si., Ph.D. Ventilator untuk mendukung pasien yang membutuhkan bantuan pernapasan, terutama dalam situasi kritis seperti COVID-19, “ Nila  Prabha” yaitu produk pewarna alami berupa serbuk berwarna biru  dari tumbuhan Indigofera longeracemosa (Dr. Muzzazinah, M.Si.), Batik dengan konsep HEBAT (heritage, ecology, batik, agriculture, and tourism) dengan tujuan untuk merekam kekhasan suatu daerah dari segi peninggalan sejarah, ekologi, batik, pertanian, dan pariwisata (Prof. Dr. Izza Mafruhah, S.E., M.Si.)  , Produk kecantikan dari Prodi Farmasi UNS (Dr. apt. Dinar Sari Cahyaningrum W, S.Farm., M.Si.), dan Coklat hasil dari pengembangan produk turunan kakao dan cokelat dari Prodi Ilmu Teknologi Pangan UNS (Dr. Dimas Rahadian Aji Muhammad, S.T.P., M.Sc.).

Menurut Kepala BRiN Laksana Tri Handoko, pameran kali ini diharapkan dapat menjalin lebih banyak pihak ataupun mitra yang bisa bekerjasama antar periset. Sehingga kolaborasi ini bisa membawa Indonesia yang gemilang melalui inovasi-inovasi maupun hasil karya anak bangsa.

“InaRi Expo 2024 adalah momentum penting untuk memperlihatkan potensi, kapasitas, dan kemampuan komunitas periset, dan aktivitas riset serta inovasi di Indonesia. Ini adalah wujud nyata dari semangat gotong royong dan kerja keras kita semua untuk membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih cerah dan berdaya saing” ujarnya.

InaRi Expo diselenggarakan secara rutin tiap tahun oleh Badan Riset Nasional  (BRiN) sebagai rangkaian dari peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-29 yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Pada gelaran tahun ini, InaRi Expo mengusung tema “Research and Innovation for Better Future,” dengan harapan bisa mendorong kolaborasi dalam inovasi, pertukaran teknologi, ide, dan pengalaman, serta menginisiasi proses komersialisasi produk riset dan inovasi.