Kata kunci : rumah potong ayam (RPA), daging ayam broiler, relokasi.

Rahayu, Endang Tri; Intansari, Ayu; Riyanto, Joko*)
Fakultas Pertanian UNS, Pengabdian Dikti, Vucer, 2007.

Pengabdian dilakukan pada usaha RPA milik bapak Yuniarso di Jl. Untung Suropati no 119 Surakarta. Pada awal survey, kondisi RPA terlihat kurang sehat,  lay-out tata ruang RPA terkesan seadanya tanpa memperhatikan aspek higinitas, sanitasi dan kesehatan karkas.  Tidak dipisahkan antara area/ruang (compartement) sangat kotor (superdirty area), kotor (dirty area) dan bersih (clean area) demikian pula antara ruang basah dan ruang kering sehingga menyebabkan karkas yang diperoleh tidak aman, sehat dan utuh dikonsumsi. Pemisahan non karkas dan perecahan karkas menggunakan meja, namun tidak layak karena menggunakan bahan papan, tidak tersedia tempat penanganan limbah bulu dan isi jerohan, satu bak digunakan sekaligus untuk mencuci jerohan.  Kondisi tersebut sangat tidak menjamin ketersediaan daging ayam broiler yang ASUH (aman, sehat, utuh dan halal).
Tujuan dari kegiatan ini adalah relokasi peralatan dan renovasi ruang RPA, yaitu tersedianya area yang terpisah antara area kotor, agak kotor, bersih, dan kering. Dengan kondisi RPA yang sehat maka diharapkan akan dapat menyediakan daging ayam yang ASUH sehingga aman untuk dikonsumsi oleh konsumen.
Adanya kegiatan relokasi peralatan dan renovasi ruang RPA sangat dirasakan manfaatnya oleh mitra kerja karena lokasi RPA menjadi bersih dan RPA dapat menyediakan daging ayam yang aman untuk dikonsumsi.