Rancang Bangun Mesin Pengering Kerupuk Karak dengan Sistem Elektrik untuk Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Produksi

Kata Kunci: Krupuk Karak, Mesin Pengering

Wijayanto, Danar Susilo; Efendi, Agus
LPPM UNS, Pengabdian, DP2M, Vucer, 2009

Obyek Sasaran sebagai rekanan kegiatan program Vucer dilaksanakan pada industri kecil kerupuk karak “Marsudi Luhur” di desa Dukuh kecamatan Mojolaban. Kegiatan ini dilakukan sebagai perwujudan tanggung jawab masyarakat terdidik terutama Perguruan Tinggi untuk memperhatikan lingkungan sekitarnya. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat, pemerintah dan institusi yang terkait, sehingga dapat terlaksana dengan baik dan lancar.
Permasalahan yang muncul adalah pada proses pengeringan irisan kerupuk karak yang selama ini dilakukan dengan menggunakan sistem panas matahari, sehingga proses ini sangat tergantung pada faktor alam (cuaca), dalam hal ini adalah panas matahari. Sementara pangsa pasar di musim penghujan lebih banyak dibandingkan ketika musim kemarau. Ketergantungan cuaca ini menyebabkan kebutuhan pasar tidak terpenuhi.
Tujuan program Vucer ini adalah rancang bangun mesin pengering irisan kerupuk karak untuk mengurangi ketergantungan proses pengeringan terhadap cuaca yang terjadi. Adanya mesin pengering ini diharapkan akan menambah efisiensi kinerja produksi kerupuk karak, meningkatkan produktivitas industri kecil kerupuk karak.
Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan Vucer ini adalah alih teknologi dan rekayasa teknologi kepada pengusaha kecil industri karak “Marsudi Luhur”. Sebagai tindak lanjut dari metode tersebut dalam implementasinya dilakukan langkah penyuluhan, pendampingan, praktek mandiri serta evaluasi program kegiatan.
Hasil kegiatan program Vucer adalah kapasitas pengeringan irisan kerupuk karak meningkat mencapai 512 potong/jam, sehingga mampu memenuhi target produksi sesuai kebutuhan pasar. Ketergantungan terhadap cuaca, khususnya panas matahari dapat teratasi. Dampak hasil pelaksanaan program Vucer ini akan mendukung kelancaran proses produksi kerupuk karak pada khususnya, sehingga UKM sasaran memiliki peluang untuk mengembangkan produksinya. Kinerja mesin mampu bekerja sesuai tujuan yang akan dicapai.
Untuk yang akan datang disarankan perlu ditindaklanjuti program Vucer berkelanjutan berupa rekayasa mesin pengering kerupuk karak yang tidak tergantung pada energi listrik.