APLIKASI TEKNOLOGI TILTING THREE WHEELS PADA RANCANG BANGUN KENDARAAN PENYANDANG CACAT KAKI UNTUK MENINGKATKAN FLEKSIBILITAS DAN KEAMANAN PENGENDARAAN

Kata kunci : revolute joint, steering torque, roll angle, roll transfer function.

Wibowo, Didik Djoko S.
LPPM UNS, Penelitian, DP2M, Hibah Bersaing, 2009

Penelitian bertujuan untuk mendapatkan karakteristik handling rancangan kendaraan roda tiga dengan inovasi revolute joint frame, yang memungkinkan rangka depan bermanuver seperti kendaraan roda dua, tetapi juga mempunyai keamanan dan kestabilan seperti kendaraan roda empat.
Prototipe kendaraan roda tiga dirancang dengan basis kendaraan matik dan pengujian dilakukan secara kualitatif. Uji kualitatif secara subyektif yaitu penilainan tes driver pada tes manuver. Analisis variabel -variabel handling diperoleh melalui simulasi uji slalom dengan software Universal Mechanism 5.0. Data spesifikasi kendaraan roda tiga hasil rancangan digunakan sebagai input analisis simulasi.
Hasil simulasi menunjukkan nilai roll transfer function konfigurasi i.r.c diatas permukaan tanah nilainya lebih besar daripada nilai roll transfer function konfigurasi i.r.c dipermukaan tanah dan konfigurasi i.r.c dibawah tanah pada semua kecepatan. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa konfigurasi i.r.c diatas tanah lebih mudah di handling (handier). Hasil ini bersesuaian dengan uji kualitatif berdasarkan penilaian test driver adalah 96,66% menyebutkan konfigurasi i.r.c diatas tanah lebih baik pada upaya torsi kemudi dan handling daripada konfigurasi i.r.c dipermukaan tanah dan konfigurasi i.r.c dibawah tanah. Disamping itu, 96,66% dari penilaian test driver menyatakan bahwa konfigurasi i.r.c dibawah tanah lebih baik pada stabilitas daripada konfigurasi i.r.c dipermukaan tanah dan konfigurasi irc diatas permukaan tanah